Berita

Sudah bukan rahasia lagi jika self potrait photograph atau selfie adalah sebuah kebiasaan yang sudah menjamur di seluruh dunia dan bahkan sudah menjelma menjadi kebudayaan baru bagi orang untuk mengabadikan momen momen penting dalam hidup mereka.

Selama ini sebagian orang melihat selfie hanya sebagai sarana narsisme atau menunjukkan kelebihan diri dan hedonisme, namun makna Selfie sebenarnya jauh lebih sekedar ekspresi artifisal dan narsisme saja.  selfie bisa menjadi sebuah momen “state of mind.” dan menjadi sarana yang menarik ketika kata-kata belum cukup menggambarkan perasaan atau ingin menjelajah cara ekspresi diri yang unik dan berbeda.

Sudah saatnya untuk membawa selfie ke tahapan yang lebih bermakna. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan Poetry selfie. Poet selfie adalah jurnal yang dilakukan dengan ikut menggunakan media Selfie sebagai pelengkap kata tertulis seperti pada umumnya.

Dengan menggunakan selfie, mengekspresikan diri menjadi lebih menantang. Jika menggunakan puisi atau quote saja sudah biasa, selfie sebagai snapshot dari realitas bisa menangkap emosi yang mungkin lebih bermakna dan sulit digambarkan dengan kata-kata. Untuk membuat selfie-mu lebih bermakna dan bercerita sebagai poetry selfie ada 3 faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu:  

  1. Tema

    Kreasikan sebuah tema dari selfie-mu. Tingkatkan kreatifitas selfie-mu dengan memilih sebuah cerita atau konsep yang ingin diangkat. Jika ekspresi kamu sedang bahagia atau dilanda romansa, kamu bisa selfie dengan latar belakang warna merah atau memegang bunga. Rasa sayangmu dengan sahabat juga dapat ditunjukkan dengan selfie sambil minum kopi yang sama juga menjadi konsep yang seru untuk poetry selfie. Siapkan perangkat selfie yang mumpuni, seperti Vivo V5Plus yang memiliki resolusi kamera depan ganda 20MP + 8MP agar hasil Selfie-mu lebih jernih dan lebih tajam.
  2. Interpretasi
    Mengekspresikan diri melalui Selfie dilakukan dengan memaksimalkan aspek-aspek didalam Selfie sebagai simbol dari perasaan atau emosi. Gunakan symbol-simbol yang dapat diinterpretasikan dengan mudah oleh orang lain, bahkan tanpa perlu membaca kutipan atau caption tambahan dari selfie-mu. Sebagai contoh, penggunaan filter sepia di Instagram menunjukkan kalau kamu sedang melihat ke peristiwa dimasa lalu, atau menggunakan filter hitam putih sebagai cara untuk memfokuskan perhatian ke ekspresi wajah. Jika wajah adalah komponen utama yang ingin ditonjolkan dalam foto, entah Karena raut wajah atau aksesoris yang digunakan, pastikan fokus foto kepada wajah tetap jelas serta tidak terganggu oleh latar belakang foto. Salah satu opsi yang bisa kamu gunakan adalah feature Bokeh yang dibenamkan di Vivo V5Plus. Fitur ini akan memberikan dept-of-field untuk memberikan fokus kepada satu titik saja dan itu bisa dilakukan setelah photo diambil.
  3. Emosi

    Puisi merupakan ekspresi dari beragam emosi. Tuangkan ekspresimu, perasaanmu yang sebenarnya melalui visual. Manfaatkan elemen elemen dalam smartphone Selfiemu seperti saturasi, filter photo editing dan lain sebagainya karena hal ini dapat membantu memperkuat emosi selfie-mu. Dengan wajah sebagai komponen utama Selfie, mulai berlatih untuk menunjukan emosi tertentu melalui wajah dengan baik.Bebrapa orang sulit menunjukkan emosi bahagianya Karena tidak percaya diri dengan ekspresi senyumnya dan membuat emosi tidak dieksppresikan dengan baik. Minimalisir hal tersebut dengan melatih ekspresi wajah.

Jadikan selfie-mu menjadi lebih bermakna. selfie yang selama ini selalu dianggap hanya menjadi ajang pamer atau ajang narsisme, ternyata dapat menjadi  sebuah potret kehidupan manusia yang dibagi melalui sosial media. Maka dari itu, jangan hanya selfie untuk menjadi ajang pamer,  tetapi mulailah untuk membangun konsep selfie-mu agar semua orang dapat merasakan emosi dan menggali makna yang lebih dalam dari cerita visualmu.