General

26 Januari: Sejarah, Makna, dan Perayaan

×

26 Januari: Sejarah, Makna, dan Perayaan

Share this article

26 Januari adalah tanggal yang penting bagi bangsa Indonesia, karena pada hari ini diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Jakarta untuk mengikuti Kongres Pemuda II. Di kongres tersebut, para pemuda menyatakan Sumpah Pemuda yang intinya adalah untuk bersatu, berbahasa Indonesia, dan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda dimulai pada tahun 1908, ketika Jong Java, sebuah organisasi pemuda Jawa, didirikan. Organisasi ini bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak kaum muda Jawa dan mengembangkan kebudayaan Jawa. Namun, organisasi ini tidak hanya terbuka untuk pemuda Jawa, tetapi juga untuk pemuda dari daerah lain di Indonesia.

Pada tahun 1912, Jong Java berganti nama menjadi Jong Sumatranen Bond (JSB) setelah mengalami perluasan anggota dari daerah Sumatra. Kemudian pada tahun 1920, JSB berganti nama lagi menjadi Jong Islamieten Bond (JIB) setelah diambil alih oleh kaum Muslim.

Pada tahun 1926, JIB mengirimkan delegasi ke Kongres Pemuda I yang diselenggarakan di Bandung. Di kongres tersebut, para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia sepakat untuk membentuk organisasi pemuda nasional yang lebih besar. Hal ini memicu terbentuknya Budi Utomo, organisasi pemuda pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1908.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, Kongres Pemuda II diselenggarakan di Jakarta. Di kongres tersebut, para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia sepakat untuk mengucapkan Sumpah Pemuda sebagai bentuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda yang diucapkan oleh para pemuda tersebut menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sumpah tersebut mengandung nilai persatuan, kesatuan, dan kebangsaan. Dalam sumpah tersebut, para pemuda menyatakan untuk bersatu dalam satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia, sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia. Selain itu, para pemuda juga berjanji untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda juga menjadi awal mula terbentuknya organisasi pemuda nasional di Indonesia. Organisasi-organisasi pemuda tersebut kemudian menjadi motor penggerak perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajahan Belanda.

Perayaan Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda sebagai hari yang penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Perayaan Sumpah Pemuda biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba-lomba, seminar, dan pameran. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mengenakan pakaian nasional atau batik sebagai bentuk kecintaan pada bangsa Indonesia.

Perayaan Sumpah Pemuda juga menjadi momen untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semangat tersebut masih relevan untuk dipegang teguh oleh generasi muda Indonesia saat ini dalam membangun bangsa yang lebih baik dan maju.

Kesimpulan

Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Sumpah tersebut mengandung nilai persatuan, kesatuan, dan kebangsaan yang masih relevan hingga saat ini. Perayaan Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober menjadi momen untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dan menguatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *