General

31 Januari – Sejarah, Peristiwa Penting, dan Fakta Menarik

×

31 Januari – Sejarah, Peristiwa Penting, dan Fakta Menarik

Share this article

Sejarah

31 Januari adalah hari ke-31 dalam kalender Gregorian. Tanggal ini memiliki arti penting di berbagai negara di seluruh dunia. Pada tahun 1606, Guy Fawkes dan rekan-rekannya yang dikenal sebagai “Kutu Buku” mencoba meledakkan Gedung Parlemen Inggris, tetapi upaya mereka gagal dan mereka dihukum mati. Di Amerika Serikat, 31 Januari diperingati sebagai Hari Kelahiran Negara Bagian Kansas.

Peristiwa Penting

Beberapa peristiwa penting terjadi pada tanggal 31 Januari. Pada tahun 1865, Kongres Amerika Serikat mengesahkan Amendemen Konstitusi ke-13 yang mengakhiri perbudakan di seluruh negeri. Pada 31 Januari 1919, Minnesota dan Nebraska menjadi negara bagian ke-36 dan ke-37 di Amerika Serikat.

Pada 31 Januari 1943, pasukan Jerman menyerah di Stalingrad setelah bertempur selama lebih dari lima bulan. Pada tahun 1958, dua satelit Amerika Serikat, Explorer 1 dan Vanguard 1, diluncurkan ke ruang angkasa. Satelit Explorer 1 menjadi satelit Amerika Serikat pertama yang berhasil mencapai orbit.

Pada 31 Januari 1961, Ham, seekor monyet, menjadi hewan pertama yang berhasil dikirim ke luar angkasa oleh Amerika Serikat. Pada tahun 1971, Voyager 1 diluncurkan ke ruang angkasa oleh NASA untuk menjelajahi tata surya. Pada tanggal 31 Januari 1990, Presiden Afrika Selatan, F.W. de Klerk, mengumumkan rencana untuk mengakhiri segregasi rasial di negaranya.

Fakta Menarik

31 Januari adalah hari yang penuh dengan fakta menarik. Tanggal ini juga diperingati sebagai Hari Pengunjung Nasional di Amerika Serikat. Pada tahun 2019, 31 Januari menjadi hari terakhir bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa

Tanggal ini juga menjadi hari peringatan kelahiran beberapa tokoh terkenal, antara lain Jackie Robinson, pemain bisbol Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam, dan Justin Timberlake, penyanyi dan aktor Amerika Serikat.

31 Januari juga menjadi hari peringatan beberapa peristiwa penting dalam sejarah olahraga. Pada tahun 1999, tim bisbol New York Yankees mengumumkan bahwa mereka akan mempensiunkan nomor punggung 6 yang dipakai oleh legenda bisbol mereka, Joe DiMaggio. Pada tahun yang sama, tim sepak bola Amerika Serikat, Denver Broncos, memenangkan Super Bowl ke-33.

Kesimpulan

31 Januari adalah tanggal yang penting dalam sejarah dunia, dengan peristiwa penting dan fakta menarik terkait dengan hari ini. Dari upaya teroris untuk meledakkan Gedung Parlemen Inggris hingga kelahiran tokoh terkenal dan kemenangan tim olahraga penting, tanggal ini memiliki banyak arti bagi orang-orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *