General

4 Jenis Tenaga Eksogen dan Akibatnya

×

4 Jenis Tenaga Eksogen dan Akibatnya

Share this article

Setiap benda di dunia ini memiliki tenaga. Ada tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi, dan ada juga tenaga eksogen yang berasal dari luar bumi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang 4 jenis tenaga eksogen dan akibatnya pada lingkungan sekitar kita.

1. Tenaga Angin

Tenaga angin adalah tenaga yang berasal dari pergerakan udara yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di bumi. Tenaga angin memiliki dampak yang besar pada lingkungan sekitar kita. Salah satu dampak positif dari tenaga angin adalah sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Namun, dampak negatifnya adalah suara bising dan kerusakan lingkungan karena pembangunan turbin angin.

2. Tenaga Matahari

Tenaga matahari adalah tenaga yang berasal dari sinar matahari. Tenaga ini sangat penting bagi kehidupan di bumi. Salah satu dampak positif dari tenaga matahari adalah sebagai sumber energi yang bersih dan murah. Namun, dampak negatifnya adalah terjadinya pemanasan global akibat peningkatan suhu di bumi.

3. Tenaga Gelombang

Tenaga gelombang adalah tenaga yang berasal dari pergerakan air laut. Tenaga ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan. Namun, dampak negatifnya adalah terjadinya kerusakan lingkungan di sekitar pantai karena pembangunan pembangkit listrik tenaga gelombang.

4. Tenaga Geothermal

Tenaga geothermal adalah tenaga yang berasal dari panas bumi. Tenaga ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan. Namun, dampak negatifnya adalah terjadinya kerusakan lingkungan akibat pembangunan pembangkit listrik geothermal.

Dalam kesimpulan, tenaga eksogen memiliki dampak yang besar pada lingkungan sekitar kita. Dalam mengembangkan tenaga ini, kita harus memperhatikan dampak positif dan negatifnya terhadap lingkungan. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan tenaga eksogen dengan bijak dan ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *