General

7 Pengertian Kebudayaan Menurut Istilah

×

7 Pengertian Kebudayaan Menurut Istilah

Share this article

Di Indonesia, kebudayaan memang menjadi salah satu hal yang penting dan diperhatikan oleh banyak orang. Kebudayaan merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan diterima oleh masyarakat dalam suatu lingkungan tertentu. Namun, apa sebenarnya pengertian kebudayaan menurut istilah? Berikut adalah 7 pengertian kebudayaan menurut istilah yang perlu anda ketahui.

1. Kebudayaan sebagai Sistem

Pengertian kebudayaan menurut istilah pertama adalah kebudayaan sebagai sistem. Kebudayaan merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai unsur yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut meliputi bahasa, adat istiadat, kesenian, dan lain-lain.

2. Kebudayaan sebagai Proses

Kebudayaan juga dapat dipandang sebagai suatu proses yang terus berkembang dan berubah seiring dengan perubahan zaman. Proses ini dapat dilihat dari perubahan dalam adat istiadat, bahasa, teknologi, dan sebagainya.

3. Kebudayaan sebagai Identitas

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai identitas suatu bangsa atau masyarakat. Dalam hal ini, kebudayaan menjadi suatu ciri khas yang membedakan suatu bangsa atau masyarakat dengan bangsa atau masyarakat lainnya. Identitas kebudayaan dapat dilihat dari bahasa, pakaian adat, dan sebagainya.

4. Kebudayaan sebagai Warisan Budaya

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita. Warisan budaya tersebut meliputi adat istiadat, kesenian, bahasa, dan sebagainya. Warisan budaya ini harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang begitu saja.

5. Kebudayaan sebagai Pola Hidup

Kebudayaan juga dapat dipandang sebagai pola hidup suatu masyarakat. Pola hidup tersebut meliputi cara berpakaian, cara makan, cara berkomunikasi, dan sebagainya. Pola hidup ini dapat berbeda-beda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya.

6. Kebudayaan sebagai Sumber Kreativitas

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai sumber kreativitas. Dalam hal ini, kebudayaan dapat menjadi inspirasi bagi seniman dan budayawan untuk menciptakan karya seni dan budaya yang baru.

7. Kebudayaan sebagai Media Pembentukan Karakter

Terakhir, kebudayaan juga dapat dipandang sebagai media pembentukan karakter. Dalam hal ini, kebudayaan dapat membentuk kepribadian seseorang dalam hal cara berpikir, berperilaku, dan sebagainya. Kebudayaan juga dapat membentuk nilai-nilai yang penting dalam kehidupan seperti nilai kejujuran, kebersamaan, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan memiliki berbagai pengertian menurut istilah yang perlu kita ketahui. Kebudayaan merupakan suatu sistem, proses, identitas, warisan budaya, pola hidup, sumber kreativitas, dan media pembentukan karakter. Dengan memahami pengertian-pengertian tersebut, kita dapat lebih menghargai dan melestarikan kebudayaan yang ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *