General

7 Pengertian Metode Jigsaw Menurut Para Ahli Lengkap

×

7 Pengertian Metode Jigsaw Menurut Para Ahli Lengkap

Share this article

Metode jigsaw adalah salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa. Metode ini telah diterapkan dalam berbagai bidang pendidikan dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang topik yang diajarkan. Berikut adalah 7 pengertian metode jigsaw menurut para ahli lengkap.

1. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Elliot Aronson

Menurut Elliot Aronson, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam kelompok kecil yang saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan akademik bersama. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan belajar bekerja sama dalam tim.

2. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Slavin

Menurut Robert Slavin, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim.

3. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Johnson dan Johnson

Menurut David dan Roger Johnson, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan akademik bersama dengan cara saling membantu dan menghargai perbedaan satu sama lain.

4. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Slavin dan Cooper

Menurut Slavin dan Cooper, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim.

5. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Johnson dan Johnson

Menurut David dan Roger Johnson, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim.

6. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Ogle

Menurut Donna Ogle, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim.

7. Pengertian Metode Jigsaw Menurut Slavin, Lake, Chambers, dan Cohen

Menurut Robert Slavin, Nancy Lake, Brian Chambers, dan David Cohen, metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim.

Kesimpulan

Dari 7 pengertian metode jigsaw menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa. Metode ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan bekerja sama dalam tim. Metode jigsaw juga membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik dan mengingatnya dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *