Berapa Liter dalam Satu Galon?

Posted on

Bagi kita yang sering menggunakan satuan liter dan galon dalam kehidupan sehari-hari, pasti seringkali muncul pertanyaan mengenai berapa liter dalam satu galon. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu liter dan galon.

Apa itu Liter?

Liter adalah satuan volume dalam sistem metrik. Satu liter sama dengan volume kubus dengan panjang sisi 10 sentimeter. Dalam bahasa Inggris, liter ditulis sebagai “litre”.

Apa itu Galon?

Galon adalah satuan volume yang biasa digunakan di negara-negara yang masih menggunakan sistem imperial seperti Amerika Serikat dan Inggris. Satu galon sama dengan 3,78541 liter.

Berapa Liter dalam Satu Galon?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, satu galon sama dengan 3,78541 liter. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonversi satuan galon ke liter atau sebaliknya, Anda hanya perlu mengalikan atau membagi dengan angka tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki 5 galon air dan ingin mengonversinya ke satuan liter, caranya adalah sebagai berikut:

5 galon x 3,78541 liter/galon = 18,92705 liter

Dengan demikian, 5 galon air sama dengan 18,92705 liter air.

Sebaliknya, jika Anda memiliki 20 liter bahan bakar dan ingin mengonversinya ke satuan galon, caranya adalah sebagai berikut:

20 liter / 3,78541 liter/galon = 5,28344 galon

Dengan demikian, 20 liter bahan bakar sama dengan 5,28344 galon bahan bakar.

Kesimpulan

Dalam sistem metrik, satuan volume yang digunakan adalah liter, sedangkan dalam sistem imperial, satuan volume yang digunakan adalah galon. Satu galon sama dengan 3,78541 liter. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonversi satuan galon ke liter atau sebaliknya, Anda hanya perlu mengalikan atau membagi dengan angka tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami konversi satuan liter dan galon. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada teman atau keluarga yang membutuhkannya.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *