Makanan Khas Aceh yang Sangat Menggoda

Posted on

Aceh, sebuah provinsi di ujung barat Indonesia, terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang unik. Kota Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi Aceh merupakan kota yang kaya akan kuliner yang menggoda selera. Makanan khas Aceh ini terkenal dengan bumbu rempah yang khas dan pedas. Berikut adalah beberapa makanan khas Aceh yang sangat menggoda.

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan khas Aceh yang sangat terkenal. Mie Aceh memiliki rasa pedas yang khas dan sangat menggoda selera. Mie Aceh juga terkenal dengan bahan-bahan yang digunakan seperti daging kambing atau sapi, udang, dan sayuran. Mie Aceh juga memiliki kuah yang gurih dan kaya akan rempah-rempah.

2. Nasi Gurih Aceh

Nasi Gurih Aceh adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Aceh. Nasi ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, daging rendang, dan sambal. Nasi Gurih Aceh memiliki rasa yang gurih dan lezat.

3. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tongkol. Kuah ini memiliki rasa yang asam pedas dan sangat menggugah selera. Kuah Pliek U biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti sayuran dan telur.

4. Sate Matang

Sate Matang adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing. Sate ini biasanya disajikan dengan kuah kacang dan ketupat. Sate Matang memiliki rasa yang gurih dan lezat.

5. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang diungkep dengan bumbu rempah khas Aceh. Ayam Tangkap memiliki rasa yang gurih dan lezat. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

6. Roti Cane

Roti Cane adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari tepung terigu dan dimasak dengan cara diputar-putar dan diapit. Roti Cane biasanya disajikan dengan kuah kari atau sambal. Roti Cane memiliki rasa yang renyah dan lezat.

7. Gulai Kambing

Gulai Kambing adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Gulai Kambing memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

8. Sayur Nangka

Sayur Nangka adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Aceh. Sayur Nangka memiliki rasa yang gurih dan lezat. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

9. Sambai

Sambai adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan teri yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan seperti kelapa parut, bawang merah, dan cabai. Sambai memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi.

10. Kue Dara

Kue Dara adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kue Dara memiliki rasa yang manis dan legit. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

11. Martabak Aceh

Martabak Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari adonan yang diisi dengan daging cincang, telur, bawang merah, dan rempah khas Aceh. Martabak Aceh biasanya disajikan dengan kuah kacang. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

12. Timphan

Timphan adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Aceh. Timphan biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng atau ikan goreng. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

13. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Kuah Beulangong memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti sayuran dan telur.

14. Rujak Aceh

Rujak Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari buah-buahan seperti mangga, jambu, dan nanas yang dipotong-potong dan dicampur dengan saus yang terbuat dari bahan-bahan seperti gula merah, cabai, dan bawang merah. Rujak Aceh memiliki rasa yang manis dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

15. Mie Caluk

Mie Caluk adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari mie yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu rempah khas Aceh. Mie Caluk biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau udang. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

16. Kerutuk

Kerutuk adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari daging yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Kerutuk memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

17. Kari Kepala Ikan

Kari Kepala Ikan adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Kari Kepala Ikan memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

18. Ayam Tangkap Aceh

Ayam Tangkap Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang diungkep dengan bumbu rempah khas Aceh. Ayam Tangkap Aceh memiliki rasa yang gurih dan lezat. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

19. Sup Kaki Kambing

Sup Kaki Kambing adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari kaki kambing yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Sup Kaki Kambing memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

20. Nasi Briyani Aceh

Nasi Briyani Aceh adalah nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas Aceh. Nasi Briyani Aceh biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, daging rendang, atau sate. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

21. Bebek Panggang Aceh

Bebek Panggang Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari bebek yang dipanggang dengan bumbu rempah khas Aceh. Bebek Panggang Aceh memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

22. Kue Bugie

Kue Bugie adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari adonan yang digoreng dan diberi taburan gula. Kue Bugie memiliki rasa yang renyah dan manis. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

23. Sambal Be Tongkol

Sambal Be Tongkol adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh. Sambal Be Tongkol memiliki rasa yang pedas dan gurih. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi.

24. Kue Dadar Aceh

Kue Dadar Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari adonan yang digoreng dan diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Kue Dadar Aceh memiliki rasa yang manis dan renyah. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

25. Gulai Ikan Tongkol

Gulai Ikan Tongkol adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas Aceh. Gulai Ikan Tongkol memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

26. Sate Pusut

Sate Pusut adalah sate yang terbuat dari daging cincang yang dililitkan pada tusuk sate yang terbuat dari batang daun pandan. Sate Pusut biasanya disajikan dengan kuah kacang dan ketupat. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

27. Mi Rebus Aceh

Mi Rebus Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari mie yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu rempah khas Aceh. Mi Rebus Aceh biasanya disajikan dengan sayuran dan telur. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

28. Kue Lekker

Kue Lekker adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Kue Lekker memiliki rasa yang manis dan renyah. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

29. Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas Aceh. Gulai Kepala Ikan memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

30. Kue Keumamah

Kue Keumamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur dengan gula merah. Kue Keumamah memiliki rasa yang manis dan legit. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup.

Dari 30 makanan khas Aceh yang sangat menggoda tersebut, tentu saja ada banyak sekali ragam makanan khas Aceh yang bisa kamu coba. Namun, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan-makanan khas Aceh saat berkunjung ke provinsi yang kaya akan budaya dan kuliner ini.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *