Cara Mengatasi XAMPP Port 80 in use by unable to open process with pid 4

Posted on

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan XAMPP dan muncul pesan “Port 80 in use by unable to open process with pid 4”, Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Menonaktifkan IIS

Masalah ini bisa terjadi karena port 80 digunakan oleh IIS (Internet Information Services). Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menonaktifkan IIS agar port 80 dapat digunakan oleh XAMPP. Berikut adalah cara menonaktifkan IIS:

  1. Buka Control Panel dan pilih Programs and Features.
  2. Klik Turn Windows features on or off di sebelah kiri jendela.
  3. Carilah Internet Information Services dan hilangkan centang di depannya.
  4. Klik OK dan tunggu proses selesai.

2. Mengubah Port Apache

Jika menonaktifkan IIS tidak berhasil, Anda bisa mencoba mengubah port Apache menjadi port lain yang tidak digunakan oleh program lain. Berikut adalah cara mengubah port Apache:

  1. Buka file httpd.conf di folder XAMPP Anda (biasanya berada di C:\xampp\apache\conf).
  2. Cari baris yang berisi “Listen 80” dan ubah menjadi “Listen 8080” atau port lain yang tidak digunakan oleh program lain.
  3. Cari baris yang berisi “ServerName localhost:80” dan ubah menjadi “ServerName localhost:8080” atau port lain yang Anda gunakan di atas.
  4. Simpan perubahan dan restart Apache.

3. Menghentikan Program Lain yang Menggunakan Port 80

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menghentikan program lain yang menggunakan port 80 agar XAMPP dapat menggunakan port tersebut. Berikut adalah cara menghentikan program lain yang menggunakan port 80:

  1. Buka command prompt dengan hak akses administrator.
  2. Ketik “netstat -ano” dan tekan Enter.
  3. Cari baris yang berisi “TCP 0.0.0.0:80” dan catat nomor PID yang tertera di sampingnya.
  4. Ketik “taskkill /F /PID [nomor PID]” dan tekan Enter.

Setelah menghentikan program lain yang menggunakan port 80, Anda bisa mencoba menjalankan XAMPP lagi dan melihat apakah masalah sudah teratasi.

4. Menonaktifkan Skype

Jika Anda menggunakan Skype, kemungkinan besar Skype juga menggunakan port 80. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menonaktifkan penggunaan port 80 oleh Skype. Berikut adalah cara menonaktifkan penggunaan port 80 oleh Skype:

  1. Buka Skype dan klik Tools > Options.
  2. Pilih Advanced > Connection.
  3. Hilangkan centang di depan “Use port 80 and 443 as alternatives for incoming connections”.
  4. Simpan perubahan dan restart Skype.

Setelah menonaktifkan penggunaan port 80 oleh Skype, Anda bisa mencoba menjalankan XAMPP lagi dan melihat apakah masalah sudah teratasi.

5. Mengatasi Masalah pada Skype Versi Terbaru

Jika Anda menggunakan Skype versi terbaru, kemungkinan besar Anda tidak bisa menonaktifkan penggunaan port 80 oleh Skype. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengubah konfigurasi Apache di XAMPP. Berikut adalah cara mengubah konfigurasi Apache di XAMPP:

  1. Buka file httpd.conf di folder XAMPP Anda (biasanya berada di C:\xampp\apache\conf).
  2. Tambahkan baris berikut di bagian paling bawah file:
  3. Listen 0.0.0.0:8080

  4. Simpan perubahan dan restart Apache.

Setelah mengubah konfigurasi Apache di XAMPP, Anda bisa mencoba menjalankan XAMPP lagi dan melihat apakah masalah sudah teratasi.

6. Menonaktifkan World Wide Web Publishing Service

Jika Anda menggunakan Windows 10, kemungkinan besar World Wide Web Publishing Service juga menggunakan port 80. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menonaktifkan World Wide Web Publishing Service. Berikut adalah cara menonaktifkan World Wide Web Publishing Service:

  1. Buka Services (tekan tombol Windows + R, ketik “services.msc” dan tekan Enter).
  2. Cari World Wide Web Publishing Service dan klik kanan, lalu pilih Properties.
  3. Pada Startup type, pilih Disabled dan klik OK.
  4. Restart komputer Anda.

Setelah menonaktifkan World Wide Web Publishing Service, Anda bisa mencoba menjalankan XAMPP lagi dan melihat apakah masalah sudah teratasi.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah “Port 80 in use by unable to open process with pid 4” pada XAMPP, seperti menonaktifkan IIS, mengubah port Apache, menghentikan program lain yang menggunakan port 80, menonaktifkan Skype, mengubah konfigurasi Apache di XAMPP, dan menonaktifkan World Wide Web Publishing Service. Anda bisa mencoba satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah tersebut.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *