Niat Tayamum dan Artinya

Posted on

Tayamum adalah salah satu cara untuk bersuci ketika tidak ada air bersih yang dapat digunakan untuk wudhu atau mandi. Tayamum dilakukan dengan cara mengusapkan tangan ke atas permukaan tanah yang bersih kemudian mengusapkan tangan tersebut ke wajah dan tangan. Sebelum melakukan tayamum, sebaiknya kita mengetahui niat tayamum dan artinya agar tayamum yang kita lakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Pengertian Tayamum

Tayamum berasal dari bahasa Arab, yaitu “tayammama” yang berarti “menggunakan debu atau tanah untuk bersuci”. Tayamum dilakukan ketika seseorang tidak bisa memperoleh air bersih untuk wudhu atau mandi. Tayamum juga dilakukan ketika air yang tersedia tidak mencukupi atau tidak memungkinkan untuk digunakan, seperti air laut atau air yang tercemar.

Niat Tayamum

Sebelum melakukan tayamum, kita harus meniatkan dalam hati untuk melakukan tayamum. Niat tayamum harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus karena niat merupakan salah satu syarat sahnya ibadah.

Niat tayamum adalah sebagai berikut:

“Aku niat tayamum untuk menghilangkan hadas kecil atau besar karena tidak ada air bersih yang bisa aku gunakan.”

Dalam melakukan niat tayamum, kita harus mengikhlaskan niat kita semata-mata hanya untuk ibadah kepada Allah SWT.

Arti Niat Tayamum

Arti dari niat tayamum adalah sebagai berikut:

“Aku niat tayamum untuk menghilangkan hadas kecil atau besar karena tidak ada air bersih yang bisa aku gunakan.”

Arti dari niat tayamum ini adalah kita menyadari bahwa kita tidak bisa menggunakan air bersih untuk membersihkan diri dari hadas kecil atau besar. Oleh karena itu, kita melakukan tayamum sebagai gantinya.

Penjelasan Niat Tayamum

Penjelasan dari niat tayamum adalah sebagai berikut:

1. “Aku niat tayamum” artinya kita berniat melakukan tayamum untuk membersihkan diri dari hadas kecil atau besar.

2. “Untuk menghilangkan hadas kecil atau besar” artinya kita melakukan tayamum sebagai pengganti mandi atau wudhu karena tidak ada air bersih yang dapat kita gunakan.

3. “Karena tidak ada air bersih yang bisa aku gunakan” artinya kita melakukan tayamum karena tidak bisa menggunakan air bersih untuk membersihkan diri dari hadas kecil atau besar.

Kesimpulan

Mengetahui niat tayamum dan artinya sangat penting untuk melaksanakan tayamum dengan benar dan sah. Dalam melaksanakan tayamum, kita harus mengikuti aturan dan syarat yang sudah ditentukan dalam agama Islam. Tayamum dilakukan ketika kita tidak bisa menggunakan air bersih untuk wudhu atau mandi. Oleh karena itu, kita harus mengetahui niat tayamum dan artinya agar tayamum yang kita lakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *