Lafadz Azan Shubuh dan Jawabannya: Menyambut Pagi dengan Pertanda Kebangkitan

Posted on

Sholat shubuh merupakan sholat yang paling awal di waktu subuh. Sebelum waktu shubuh tiba, umat muslim akan diingatkan dengan adzan shubuh yang dikumandangkan oleh muadzin. Adzan shubuh memiliki lafadz dan jawaban yang berbeda dengan adzan-adzan lainnya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai lafadz azan shubuh dan jawabannya.

Makna dan Arti Lafadz Azan Shubuh

Lafadz adzan shubuh terdiri dari dua kalimat syahadat, dilanjutkan dengan kalimat-kalimat yang menyatakan kebesaran Allah dan mengajak umat muslim untuk sholat. Berikut ini adalah lafadz lengkap azan shubuh:

Allahu Akbar, Allahu Akbar. Ashhadu an laa ilaaha illallah. Ashhadu anna Muhammadar Rasulullah. Hayya ‘alas sholah, hayya ‘alal falah. Asyhadu anna laa ilaaha illallah. Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allah Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah.

Pada lafadz azan shubuh, terdapat dua kalimat syahadat yang artinya adalah “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah” dan “Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Syahadat merupakan pengakuan keyakinan muslim yang wajib diucapkan dalam sholat dan saat masuk islam.

Setelah kalimat syahadat, dilanjutkan dengan kalimat “Hayya ‘alas sholah, hayya ‘alal falah”. Hayya artinya “datang”, sholah artinya “sholat”, dan falah artinya “sukses”. Jadi, kalimat tersebut mengajak umat muslim untuk datang ke sholat dan mencapai kesuksesan.

Setelah itu, diulang kembali kalimat syahadat dan diakhiri dengan kalimat “Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illallah” yang artinya “Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah”.

Jawaban Azan Shubuh

Setelah muadzin mengumandangkan azan shubuh, umat muslim yang mendengarnya harus memberikan jawaban azan. Jawaban azan shubuh terdiri dari dua kalimat syahadat saja, yaitu:

Ashhadu an laa ilaaha illallah. Ashhadu anna Muhammadar Rasulullah.

Jadi, jawaban azan shubuh sama dengan kalimat syahadat pada lafadz azan shubuh.

Keutamaan Sholat Shubuh

Sholat shubuh memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang munafik adalah sholat shubuh dan sholat isya. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung dalam sholat ini, niscaya mereka akan sholatinya meskipun dengan merangkak” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat shubuh juga memiliki keutamaan sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran
  • Mendapatkan pahala yang besar
  • Menjadi kebiasaan yang baik
  • Menjaga keberkahan rezeki
  • Menjaga diri dari keburukan

Kesimpulan

Adzan shubuh mengingatkan umat muslim untuk bangun dari tidur dan bersiap-siap untuk melaksanakan sholat shubuh. Lafadz azan shubuh terdiri dari kalimat syahadat, kalimat-kalimat yang mengajak umat muslim untuk sholat, dan kalimat penutup yang menyatakan kebesaran Allah. Jawaban azan shubuh sama dengan kalimat syahadat. Sholat shubuh memiliki keutamaan yang sangat besar, sehingga kita harus berusaha untuk tidak melewatkan sholat ini.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *