Doa Sesudah Wudhu: Meningkatkan Kualitas Wudhu dan Ibadah Anda

Posted on

Wudhu adalah salah satu syarat dalam menjalankan ibadah Sholat. Melakukan wudhu dengan benar dan sempurna akan meningkatkan kualitas ibadah kita. Selain itu, sesudah melakukan wudhu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah wudhu. Doa ini memiliki arti yang penting karena mengandung permohonan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa sesudah wudhu yang harus kita baca setelah selesai melakukan wudhu:

1. Doa setelah Membasuh Wajah

Setelah membilas wajah sebanyak tiga kali, kita harus membaca doa sesudah wudhu. Doa ini berbunyi:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ جَعَلَ وَجْهِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ عَيْنَيَّ نُوْرًا، وَجَعَلَ سَمْعِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ لِسَانِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ قَلْبِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ صُدُوْرِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ بَدَنِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ شَعْرِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ عَظْمِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ عَصَبِيْ نُوْرًا، وَجَعَلَ لِيْ نُوْرًا مِنْ أَمَامِيْ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ، اَللَّهُمَّ أَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَوَكِّلِيْنَ عَلَيْكَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُفْلِحِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa ini artinya adalah: Segala puji bagi Allah yang menjadikan wajahku berseri-seri, mataku bersinar, pendengaranku jernih, lidahku jelas, hatiku bersih, dadaku terang, badanku bersih, rambutku berkilau, tulangku bersinar, uratkutegang, Engkau jadikan bagiku cahaya dari depanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari kananku, cahaya dari kiriku, cahaya dari atasku, dan cahaya dari bawahku. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertawakkal kepada-Mu, jadikanlah aku termasuk orang yang beruntung, dan jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang shalih.

2. Doa setelah Membasuh Tangan

Setelah membilas tangan sebanyak tiga kali, kita juga harus membaca doa sesudah wudhu. Doa ini berbunyi:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَمِيْنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ شِمَالِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ سَمْعِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ بَصَرِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِسَانِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ قَلْبِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ شَعْرِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ بَدَنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ عَظْمِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ عَصَبِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ بَطْنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ جِلْدِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ دَمِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ تُرَابِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ حَاجَتِيْ نُوْرًا، اَللَّهُمَّ آتِنِيْ مِنْ خَيْرِ الدُّنْيَا وَخَيْرِ الآخِرَةِ، وَقِنِيْ عَذَابَ النَّارِ

Doa ini artinya adalah: Ya Allah, jadikanlah tangan kananku bersinar, jadikanlah tangan kiriku bersinar, jadikanlah pendengaranku bersinar, jadikanlah pengelihatanku bersinar, jadikanlah lidahku bersinar, jadikanlah hatiku bersinar, jadikanlah rambutku bersinar, jadikanlah badanku bersinar, jadikanlah tulangku bersinar, jadikanlah uratkutegang, jadikanlah perutku bersinar, jadikanlah kulitku bersinar, jadikanlah darahku bersinar, jadikanlah debuku bersinar, dan kabulkanlah hajatku. Ya Allah, berilah aku kebaikan di dunia dan akhirat, dan lindungilah aku dari siksa api neraka.

3. Doa setelah Membasuh Kaki

Setelah membilas kaki sebanyak tiga kali, kita juga harus membaca doa sesudah wudhu. Doa ini berbunyi:

اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ، وَاجْعَلْ قَلْبِيْ صَافِيًا لِلْإِيْمَانِ، وَاجْعَلْ لِيْ فِيْ الدُّنْيَا حَظًّا مَعَ الْأَوْلِيَاءِ، وَاجْعَلْ لِيْ فِيْ الْآخِرَةِ حَظًّا مَعَ الصَّالِحِيْنَ، وَاجْعَلْ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِيْ فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِيْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Doa ini artinya adalah: Ya Allah, tetapkanlah kakiku di atas jalan yang lurus pada hari di mana kaki-kaki tergelincir, dan jadikanlah hatiku bersih untuk iman, dan berikanlah aku bagian bersama para wali di dunia, serta bagian bersama orang-orang shalih di akhirat, dan jadikanlah hidupku sebagai tambahan kebaikan, dan jadikanlah kematianku sebagai ketenangan dari segala kejahatan.

Demikianlah beberapa doa sesudah wudhu yang harus kita baca setelah selesai melakukan wudhu. Dengan membaca doa ini, kita memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, membaca doa ini juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan ibadah kita. Aamiin.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *