Idgham Bighunnah: Contoh, Hukum, Cara Membaca, dan Artinya

Posted on

Idgham Bighunnah merupakan salah satu hukum bacaan huruf dalam ilmu tajwid. Istilah idgham bighunnah berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu idgham yang artinya menggabungkan dan bighunnah yang artinya dengan suara yang empuk atau lembut.

Idgham bighunnah adalah cara membaca dua huruf yang bertemu dalam satu kata dengan menggunakan suara yang empuk atau lembut, sehingga kedua huruf tersebut digabungkan menjadi satu. Huruf-huruf yang dimaksud adalah huruf nun mati (نْ) dan mim mati (مْ).

Hukum Idgham Bighunnah

Hukum idgham bighunnah dalam ilmu tajwid terbagi menjadi dua, yaitu:

Wajib

Idgham bighunnah wajib dilakukan ketika dua huruf yang bertemu dalam satu kata dan huruf pertama adalah huruf nun mati atau mim mati. Contohnya, pada kata “dunia” dan “kemarin”.

Jaiz

Idgham bighunnah jaiz dilakukan ketika dua huruf yang bertemu dalam satu kata dan huruf pertama adalah huruf tanwin (an, in, un). Contohnya, pada kata “zamanin” dan “sakinah”.

Cara Membaca Idgham Bighunnah

Ada beberapa cara membaca idgham bighunnah yang benar, yaitu:

1. Menggunakan Suara Empuk atau Lembut

Idgham bighunnah dilakukan dengan menggabungkan dua huruf yang bertemu dalam satu kata dengan menggunakan suara yang empuk atau lembut. Suara yang empuk atau lembut ini harus terdengar jelas dan tidak terlalu keras.

2. Melakukan Penghilangan Sifat

Saat melakukan idgham bighunnah, maka sifat huruf nun mati atau mim mati harus dihilangkan. Sifat yang dimaksud adalah sifat idgham, yaitu adanya desis atau gesekan pada lidah dan langit-langit mulut ketika membaca huruf nun mati atau mim mati.

Contoh Idgham Bighunnah

Berikut ini adalah beberapa contoh idgham bighunnah dalam ilmu tajwid:

1. Idgham Bighunnah Wajib

Contoh idgham bighunnah wajib pada kata “dunia”:

دُنْيَا

Artinya: dunia

Pada kata “dunia”, huruf nun mati (نْ) bertemu dengan huruf ya (ي) dalam satu kata. Maka, idgham bighunnah wajib dilakukan dengan menggabungkan kedua huruf tersebut menjadi “dunya” dan menggunakan suara yang empuk atau lembut.

2. Idgham Bighunnah Jaiz

Contoh idgham bighunnah jaiz pada kata “zamanin”:

زَمَنٍ

Artinya: zaman

Pada kata “zamanin”, huruf nun mati (نْ) bertemu dengan huruf ya (ي) dalam satu kata dan huruf nun mati (نْ) memiliki sifat tanwin (in). Maka, idgham bighunnah jaiz dilakukan dengan menggabungkan kedua huruf tersebut menjadi “zamanin” dan menggunakan suara yang empuk atau lembut.

Arti Idgham Bighunnah

Arti dari idgham bighunnah dalam ilmu tajwid adalah menggabungkan dua huruf yang bertemu dalam satu kata dengan menggunakan suara yang empuk atau lembut. Tujuan dari idgham bighunnah adalah untuk memperindah bacaan Al-Quran dan memudahkan bagi pembaca dalam membacanya.

Kesimpulan

Idgham bighunnah adalah hukum bacaan huruf dalam ilmu tajwid yang melibatkan penggabungan dua huruf yang bertemu dalam satu kata dengan menggunakan suara yang empuk atau lembut. Hukum idgham bighunnah terbagi menjadi wajib dan jaiz, dan ada beberapa cara membaca idgham bighunnah yang benar. Contoh idgham bighunnah dapat ditemukan pada bacaan Al-Quran, dan tujuan dari idgham bighunnah adalah untuk memperindah bacaan Al-Quran dan memudahkan bagi pembaca dalam membacanya.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *