Hukum Bacaan Nun Mati Bertemu Ain Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Jika anda seorang muslim yang rajin beribadah, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan huruf nun mati dan ain. Kedua huruf ini memiliki bacaan yang cukup khas dan memiliki hukum bacaan tersendiri. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lengkap hukum bacaan nun mati bertemu ain beserta contohnya. Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Pengertian Nun Mati Bertemu Ain

Nun mati bertemu ain adalah gabungan dari dua huruf yaitu nun mati dan ain yang digabungkan dalam satu kata. Nun mati sendiri adalah huruf nun yang diikuti oleh harokat fathah ( ً ) dan ditempatkan pada akhir kata. Sedangkan ain adalah huruf yang memiliki bacaan panjang dan ditempatkan pada awal kata. Ketika keduanya digabungkan, maka akan terjadi perubahan dalam bacaannya.

2. Hukum Bacaan Nun Mati Bertemu Ain

Menurut tata cara membaca Al-Quran, ada beberapa hukum bacaan nun mati bertemu ain yang harus diperhatikan. Berikut adalah hukum-hukum tersebut:

a. Izhar

Izhar adalah hukum bacaan nun mati bertemu ain yang artinya harus dibaca dengan jelas dan tidak boleh diperpendek. Contoh kata-kata yang menggunakan hukum izhar yaitu:

– Dunya (dun-ya)

– Al-munafiqun (al-munafiqun)

b. Iqlab

Iqlab adalah hukum bacaan nun mati bertemu ain yang artinya harus dibaca dengan huruf mim. Contoh kata-kata yang menggunakan hukum iqlab yaitu:

– Qulubihim (qulu-bihim)

– Min kulli (min kulli)

c. Idgham

Idgham adalah hukum bacaan nun mati bertemu ain yang artinya harus dibaca dengan diperpadukan dengan huruf lain. Contoh kata-kata yang menggunakan hukum idgham yaitu:

– Khuntha (khun-tha)

– Minkum (min-kum)

3. Contoh Bacaan Nun Mati Bertemu Ain

Setelah mengetahui hukum bacaan nun mati bertemu ain, berikut adalah beberapa contoh bacaan yang menggunakan nun mati bertemu ain:

a. Contoh Izhar

– Dalam surat Al-Kahfi ayat 40 terdapat kalimat “innaha min sulaimana wainnahul bismillahirrahmanirrahiim”, dalam kalimat ini terdapat kata ain dan nun mati yang harus dibaca dengan jelas.

b. Contoh Iqlab

– Dalam surat Al-Ikhlas ayat 1 terdapat kalimat “qul huwallahu ahad”, dalam kalimat ini terdapat kata ahad yang harus dibaca dengan huruf mim.

c. Contoh Idgham

– Dalam surat Al-Baqarah ayat 28 terdapat kalimat “wahtumul arda ba’da mawtihah”, dalam kalimat ini terdapat kata arda yang harus dibaca dengan diperpadukan dengan huruf lain.

4. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa nun mati bertemu ain memiliki hukum bacaan tersendiri. Ada tiga hukum bacaan nun mati bertemu ain yaitu izhar, iqlab, dan idgham. Ketiga hukum tersebut harus diperhatikan dalam membaca ayat-ayat Al-Quran yang mengandung nun mati bertemu ain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *