12 Kumpulan Contoh Bacaan Iqlab dalam Juz Amma Lengkap

Posted on

Untuk Anda yang sedang belajar membaca Al-Quran, salah satu bagian penting yang harus dipelajari adalah bacaan iqlab. Iqlab adalah salah satu dari beberapa tanda baca yang ada dalam Al-Quran. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan 12 contoh bacaan iqlab dalam Juz Amma yang lengkap. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bacaan iqlab dengan lebih mudah.

1. Surat An-Nas (Ayat 3)

Contoh bacaan iqlab pertama terdapat pada surat An-Nas ayat 3. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “min syarril waswasil khannaas” yang artinya “dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa-biasa saja”. Bacaan iqlab pada kata “waswasil” dibaca “wab-bas” dengan tanda iqlab.

2. Surat Al-Falaq (Ayat 1)

Contoh bacaan iqlab kedua terdapat pada surat Al-Falaq ayat 1. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “min syarrima khalaq” yang artinya “dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan”. Bacaan iqlab pada kata “ma” dibaca “ba” dengan tanda iqlab.

3. Surat Al-Ikhlas (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab ketiga terdapat pada surat Al-Ikhlas ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “lam yalid wa lam yuulad” yang artinya “tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”. Bacaan iqlab pada kata “yuulad” dibaca “yuubad” dengan tanda iqlab.

4. Surat Al-Lahab (Ayat 1)

Contoh bacaan iqlab keempat terdapat pada surat Al-Lahab ayat 1. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “tabbat yadaa abi lahabin wa tabb” yang artinya “binasa tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia”. Bacaan iqlab pada kata “yadaa” dibaca “yabba” dengan tanda iqlab.

5. Surat Al-Fil (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab kelima terdapat pada surat Al-Fil ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “ka-anshamsi” yang artinya “seperti bintang yang bersinar”. Bacaan iqlab pada kata “anshamsi” dibaca “ambasyamsi” dengan tanda iqlab.

6. Surat Al-Quraisy (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab keenam terdapat pada surat Al-Quraisy ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “fa yaa’buduuna” yang artinya “maka hendaklah mereka menyembah”. Bacaan iqlab pada kata “yaa’buduuna” dibaca “yab-buduuna” dengan tanda iqlab.

7. Surat Al-Kafirun (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab ketujuh terdapat pada surat Al-Kafirun ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “la kum dinukum wa liyadin” yang artinya “bagi kamu agamamu dan bagiku agamaku”. Bacaan iqlab pada kata “liyadin” dibaca “libyadin” dengan tanda iqlab.

8. Surat Al-Ma’un (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab kedelapan terdapat pada surat Al-Ma’un ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “wayamna’una alma’un” yang artinya “dan mereka menghalangi (memberi) air minum”. Bacaan iqlab pada kata “ma’un” dibaca “mab’un” dengan tanda iqlab.

9. Surat Al-Qari’ah (Ayat 5)

Contoh bacaan iqlab kesembilan terdapat pada surat Al-Qari’ah ayat 5. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “kalla sa yalamuun” yang artinya “sungguh, mereka akan mengetahui”. Bacaan iqlab pada kata “sa” dibaca “ba” dengan tanda iqlab.

10. Surat Ad-Dhuha (Ayat 1)

Contoh bacaan iqlab kesepuluh terdapat pada surat Ad-Dhuha ayat 1. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “wadduhaa” yang artinya “matahari sepenggalahan naik”. Bacaan iqlab pada kata “duhaa” dibaca “dubhaa” dengan tanda iqlab.

11. Surat Al-Asr (Ayat 2)

Contoh bacaan iqlab kesebelas terdapat pada surat Al-Asr ayat 2. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “wa ala kulli shayin” yang artinya “dan atas segala sesuatu”. Bacaan iqlab pada kata “kulli” dibaca “kubli” dengan tanda iqlab.

12. Surat Al-Humazah (Ayat 4)

Contoh bacaan iqlab keduabelas terdapat pada surat Al-Humazah ayat 4. Bacaan iqlab ini terdapat pada kata “al-ladziyaja’lamu” yang artinya “yang mengetahui”. Bacaan iqlab pada kata “lam” dibaca “bam” dengan tanda iqlab.

Kesimpulan

Demikianlah 12 contoh bacaan iqlab dalam Juz Amma yang lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam mempelajari bacaan iqlab dengan lebih mudah. Selain itu, perlu diingat bahwa membaca Al-Quran harus dilakukan dengan penuh penghayatan dan kekhusyukan. Teruslah belajar dan berlatih untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap Al-Quran. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *