Doa Ketika Mimpi Buruk

Posted on

Mimpi buruk seringkali menghantui kita saat tidur. Meskipun hanya sekadar mimpi, tetapi rasa takut dan cemas yang dirasakan bisa terasa sangat nyata dan mengganggu tidur kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui doa ketika mimpi buruk agar kita bisa meredakan rasa takut dan cemas tersebut.

Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur, ada baiknya kita membaca doa yang bisa melindungi kita dari mimpi buruk. Berikut adalah doa yang bisa dibaca sebelum tidur:

“Bismillahilladzi laa yadzurru ma’asmihi syai’un fil-ardhi walaa fis-samaa’i wa huwas-sami’ul-‘aliim. Allahumma innii aslamtu nafsi ilaika, wa wajjahtu wajhi ilaika, wa fawwadhtu amri ilaika, wa alja’tu zahri ilaika, raghbatan wa rahbatan ilaika, laa malja’a wa laa manja’a minka illaa ilaika. Amantu bikitaabikal-ladzii anzalta wa bina bi-nabiyyikal-ladzii arsalta.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang tiada sesuatupun yang dapat membahayakan dengan nama-Nya di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyingkapkan rahsia-rasiaku kepada-Mu, dengan harapan dan ketakutan hanya kepada-Mu, tidak ada tempat perlindungan dan tidak ada tempat menyelamatkan kecuali pada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada nabi yang Engkau utus.”

Doa Ketika Terbangun dari Mimpi Buruk

Ketika kita terbangun dari mimpi buruk, ada baiknya kita membaca doa untuk menghindarkan diri dari gangguan setan dan jin. Berikut adalah doa yang bisa dibaca ketika terbangun dari mimpi buruk:

“A’udzu bi kalimaatillahi at-taammati min ghadhabihi wa ‘iqabihi, wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazatish-syayaatiin wa an yahduuruun.”

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan dan siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari gangguan setan dan agar mereka tidak mendekatiku.”

Doa Agar Tidak Mengalami Mimpi Buruk

Selain membaca doa ketika terbangun dari mimpi buruk, ada juga doa yang bisa dibaca agar kita tidak mengalami mimpi buruk. Berikut adalah doa yang bisa dibaca agar terhindar dari mimpi buruk:

“Allahumma bismika ahyaa wa bismika amuutu wa ilaika an-nushuur. Allahumma inii a’udzu bika minal-kufri wal-faqri, wa a’udzu bika min ‘adzaabil-qabri, laa ilaaha illa Anta.”

Artinya:

“Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati, dan hanya kepada-Mu aku akan kembali. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kemiskinan, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Doa Agar Mimpi Buruk Tidak Terwujud

Setelah membaca doa ketika terbangun dari mimpi buruk dan doa agar tidak mengalami mimpi buruk, ada juga doa yang bisa membantu agar mimpi buruk tidak terwujud. Berikut adalah doa yang bisa dibaca agar mimpi buruk tidak terwujud:

“Allahumma inii as’aluka khairal-ma’rifati wa tarkal-munkar wa hubbal-masakin wa an taghfirali wa tarhamani wa in ta’lamu annaha ‘azza wa jallii fii ma yaridhul-maslahati wa yuzhirudz-dzurriyati fasqubni bi-rahmatika yaa arhamar-raahimiin.”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mengetahui kebaikan, menjauhi kejahatan, mencintai orang-orang miskin, memaafkan dan mengasihani diriku. Jika Engkau mengetahui bahwa dalam tindakanku terdapat kebaikan dan dapat membawa manfaat bagi orang lain dan keturunanku, maka limpahkanlah kepadaku rahmat-Mu. Ya Allah, yang Maha Pengasih di antara para pengasih.”

Dengan membaca doa-doa tersebut, diharapkan kita bisa meredakan rasa takut dan cemas akibat mimpi buruk serta terhindar dari gangguan setan dan jin. Selain itu, doa-doa tersebut juga bisa membantu agar mimpi buruk tidak terwujud. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: https://www.liputanislam.com/doa-ketika-mimpi-buruk/

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *