Perbedaan AM dan PM: Apa yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Jika kamu sering bepergian atau bekerja dengan jadwal yang ketat, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah AM dan PM. Kedua istilah ini digunakan untuk menandakan waktu pada jam 12 jam, yang biasa digunakan di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Kanada. Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya perbedaan antara AM dan PM? Simak penjelasan berikut ini.

AM

AM adalah singkatan dari Ante Meridiem, yang merupakan bahasa Latin untuk “sebelum tengah hari”. Waktu AM dimulai dari tengah malam (12:00) hingga jam 11:59 pagi. Oleh karena itu, ketika waktu menunjukkan jam 6 pagi, itu berarti waktu AM.

Waktu AM biasa digunakan untuk menandakan waktu di pagi hari, seperti jam berapa restoran atau toko buka, atau jam berapa pertandingan sepak bola dimulai. Jika kamu harus melakukan sesuatu di pagi hari, pastikan kamu memperhatikan waktu AM.

PM

PM adalah singkatan dari Post Meridiem, yang merupakan bahasa Latin untuk “setelah tengah hari”. Waktu PM dimulai dari jam 12 siang (12:00) hingga tengah malam (11:59). Oleh karena itu, ketika waktu menunjukkan jam 6 malam, itu berarti waktu PM.

Waktu PM biasa digunakan untuk menandakan waktu di sore atau malam hari, seperti jam berapa konser dimulai atau jam berapa kamu harus mengambil pesanan makanan malam di restoran. Jadi, pastikan kamu memperhatikan waktu PM jika kamu harus melakukan sesuatu di sore atau malam hari.

Bagaimana Cara Menggunakan AM dan PM?

Untuk menggunakan AM dan PM, kamu hanya perlu menambahkan kata-kata tersebut setelah waktu yang kamu tuju. Misalnya, jika kamu ingin menunjukkan waktu jam 8 malam, kamu bisa menulis “8 PM”. Jika kamu ingin menunjukkan waktu jam 8 pagi, kamu bisa menulis “8 AM”.

Beberapa orang mungkin juga menggunakan format 24 jam untuk menunjukkan waktu, yang tidak menggunakan istilah AM atau PM. Namun, jika kamu berada di negara yang menggunakan format 12 jam, pastikan kamu memahami perbedaan antara AM dan PM agar tidak terlambat atau datang terlalu awal.

Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Lain

Di beberapa negara, istilah AM dan PM mungkin berbeda. Misalnya, di Spanyol, istilah yang digunakan adalah “de la mañana” untuk waktu pagi dan “de la tarde” untuk waktu siang atau sore. Di Prancis, istilah yang digunakan adalah “du matin” untuk waktu pagi dan “du soir” untuk waktu malam.

Jadi, jika kamu berada di negara yang berbeda, pastikan kamu memahami istilah yang digunakan untuk menunjukkan waktu di pagi dan malam hari agar tidak salah waktu.

Kesimpulan

Jadi, sekarang kamu sudah memahami perbedaan antara AM dan PM. AM digunakan untuk menunjukkan waktu di pagi hari, sedangkan PM digunakan untuk menunjukkan waktu di sore atau malam hari. Pastikan kamu memperhatikan waktu yang kamu tuju dan menggunakan istilah yang tepat untuk tidak terlambat atau datang terlalu awal. Jangan lupa, perbedaan istilah AM dan PM juga bisa berbeda di negara yang berbeda, jadi pastikan kamu memahami istilah yang digunakan jika kamu bepergian ke negara yang berbeda.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *