13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Posted on

Supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh seorang atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Supervisi pendidikan menurut para ahli memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut adalah 13 pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli.

1. Suharsimi Arikunto

Suharsimi Arikunto, mengemukakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

2. Slameto

Slameto, menyatakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah atau pengawas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

3. Mulyasa

Mulyasa, mengemukakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan.

4. Sukmadinata

Sukmadinata, menjelaskan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah atau pengawas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran.

5. Budimansyah

Budimansyah, mengatakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan evaluasi dan supervisi yang dilakukan oleh pimpinan atau pengawas sekolah terhadap guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

6. Suhartono

Suhartono, menjelaskan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kinerja dan hasil belajar siswa.

7. Muhaimin

Muhaimin, menyatakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan atau pengawas sekolah terhadap guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran.

8. Nurhadi

Nurhadi, mengemukakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan mutu dan efektivitas pendidikan.

9. Sudjana

Sudjana, menjelaskan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa.

10. Daryanto

Daryanto, mengatakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan evaluasi dan pengawasan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya dalam rangka meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan.

11. Muhammad Khoiri

Muhammad Khoiri, mengemukakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan evaluasi dan pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah atau pengawas sekolah terhadap guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran.

12. Syaiful Bahri Djamarah

Syaiful Bahri Djamarah, menyatakan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah atau pengawas sekolah terhadap guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa.

13. Sutrisno Hadi

Sutrisno Hadi, menjelaskan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah atau pengawas sekolah terhadap guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan kinerja siswa.

Kesimpulan

Dari 13 pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan atau pimpinan sekolah terhadap bawahannya atau guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, mutu pengajaran, efektivitas pendidikan, dan hasil belajar siswa.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *