Bacaan Doa Tahlil: Panduan Lengkap

Posted on

Bacaan doa tahlil adalah salah satu doa yang sering dibaca umat Islam di Indonesia. Doa ini biasanya dibaca di acara-acara pengajian, peringatan kematian, maupun saat ziarah kubur. Namun, banyak orang yang kurang paham tentang bacaan doa tahlil ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai bacaan doa tahlil.

Pengertian Doa Tahlil

Doa tahlil merupakan doa yang dibaca untuk memohon ampun dan rahmat Allah SWT bagi orang yang telah meninggal dunia. Kata tahlil sendiri berasal dari kata “ahlal” yang artinya “memperbolehkan” dan “halal” yang artinya “boleh”. Jadi, doa tahlil merupakan doa yang meminta Allah SWT memperbolehkan arwah orang yang meninggal untuk masuk surga.

Bacaan Doa Tahlil

Berikut adalah bacaan doa tahlil yang biasa dibaca oleh umat Islam di Indonesia:

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdu lillahil ladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin-nusyuur.

Wa ba’du,

Allahumma salli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa sallaita ‘alaa Ibraahiim wa ‘alaa aali Ibraahiim, innaka Hamiidum Majiid.

Allahumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahiim wa ‘alaa aali Ibraahiim, innaka Hamiidum Majiid.

Alloohumma antal-ghofirul hayyul qoyyuum, wa tuhibbul afwa, fa’fu ‘anni ya ghofoor.

Allahumma anta robbuna, laa ilaha illa anta, kholaqtanaa wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika masthatha’tu, a’uudzubika min syarri maa shana’tu, abuu’u laka bini’matika ‘alayya wa abuu’u bithanbii, faghfirlii, fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta.

Alloohumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tudzillanaa ba’dahu.

Alloohumma firlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bil-maa-i wath-thalji wal-bardi, wa naqqihi minal-khathiyaati kamaa yunaqqatsy-thawbul-abiyadhu minadz-dzanaab, wa abdilhu daaran khairam-min daarihi, wa ahlan khairam-min ahlihi, wa zawjan khairam-min zawjihi, wa qihii fitnatad-dunya wa ‘adzaaban-nar, wa anta ju’aadu minnaa bil-marhamah, yaa arhamar-raahimiin.

Al-Fatihah.

Bacaan doa tahlil di atas terdiri dari beberapa ayat Al-Quran, shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, serta doa untuk orang yang telah meninggal dunia.

Arti Bacaan Doa Tahlil

Berikut adalah arti dari bacaan doa tahlil:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami akan kembali.”

“Selanjutnya, ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberikan rahmat dan salam kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

“Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

“Ya Allah, Engkaulah yang Maha Pengampun, Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri. Engkau mencintai pengampunan. Maka ampunilah aku, wahai Allah Yang Maha Pengampun.”

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakan kami dan kami adalah hamba-Mu. Kami berada di bawah janji dan kehendak-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kami perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu atas diriku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

“Ya Allah, janganlah Engkau cegah kami dari pahala orang yang telah meninggal dan janganlah Engkau timpakan kedukaan pada kami setelah mereka pergi.”

“Ya Allah, ampunilah dia, sayangilah dia, berikanlah kesembuhan padanya, maafkanlah dia, muliakanlah tempat kediamannya, luaskanlah kuburnya, dan bersihkanlah dia dengan air, salju, dan es. Bersihkanlah dia dari segala dosa sebagaimana baju putih yang dibersihkan dari kotoran. Gantikanlah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, istri/husbannya dengan istri/husbannya yang lebih baik, jauhkanlah dia dari fitnah dunia dan azab neraka, dan Engkaulah Yang Maha Pemurah di antara orang-orang yang menyayangi.”

“Al-Fatihah.”

Keutamaan Membaca Doa Tahlil

Membaca doa tahlil memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Memohon ampun dan rahmat Allah SWT bagi orang yang telah meninggal dunia.
  • Membersihkan diri dari dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan.
  • Menjaga hubungan silaturahmi dengan orang yang telah meninggal.
  • Menambah pahala dan kebaikan di akhirat.
  • Menenangkan hati dan pikiran orang yang masih hidup.

Waktu yang Tepat untuk Membaca Doa Tahlil

Doa tahlil dapat dibaca kapan saja, namun biasanya dibaca pada acara-acara tertentu seperti:

  • Peringatan kematian
  • Ziarah kubur
  • Pengajian
  • Tahlilan

Kesimpulan

Bacaan doa tahlil adalah doa yang dibaca untuk memohon ampun dan rahmat Allah SWT bagi orang yang telah meninggal dunia. Doa tahlil terdiri dari beberapa ayat Al-Quran, shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, serta doa untuk orang yang telah meninggal dunia. Membaca doa tahlil memiliki banyak keutamaan, di antaranya membersihkan diri dari dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan, menjaga hubungan silaturahmi dengan orang yang telah meninggal, serta menambah pahala dan kebaikan di akhirat. Doa tahlil dapat dibaca kapan saja, namun biasanya dibaca pada acara-acara tertentu seperti peringatan kematian, ziarah kubur, pengajian, dan tahlilan.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *