Alat Musik Sumatera Utara 2: Ragam Jenis Alat Musik Asli Sumatera Utara

Posted on

Sumatera Utara, salah satu provinsi terbesar di Indonesia, memiliki banyak kekayaan budaya yang sangat beragam. Selain terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, Sumatera Utara juga memiliki kekayaan seni budaya yang sangat menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah alat musik asli Sumatera Utara.

1. Gondang Sabangunan

Gondang Sabangunan adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis, seperti gondang hasapi, gondang pardomuan, dan gondang siboruon.

2. Serunai

Serunai adalah alat musik tiup yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Alat musik ini memiliki bunyi yang unik dan khas, yang terbuat dari bambu dan kulit binatang.

3. Gordang Sambilan

Gordang Sambilan adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Karo, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari sembilan buah gendang yang ditaruh di atas seutas tali dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik kayu.

4. Hasapi

Hasapi adalah alat musik petik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki bunyi yang khas dan unik.

5. Sarune

Sarune adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Simalungun, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki bunyi yang khas dan unik.

6. Talempong

Talempong adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Minangkabau, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis, seperti talempong agung, talempong tunggal, dan talempong duo.

7. Rabab

Rabab adalah alat musik gesek yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki bunyi yang khas dan unik.

8. Saluang

Saluang adalah alat musik tiup yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Minangkabau, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bunyi yang khas dan unik.

9. Taganing

Taganing adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis, seperti taganing dohot, taganing jenggot, dan taganing tonggo.

10. Tari Piring

Tari Piring adalah tarian yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Minangkabau, Sumatera Utara. Tarian ini menggunakan piring sebagai alat musiknya yang diiringi dengan vokal yang menarik.

11. Sigale-gale

Sigale-gale adalah boneka kayu yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Toba, Sumatera Utara. Boneka ini diiringi dengan musik gondang dan tarian yang sangat menarik untuk disaksikan.

12. Tor-tor

Tor-tor adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang yang sangat khas.

13. Gendang Karo

Gendang Karo adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Karo, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis, seperti gendang jantek, gendang sekor, dan gendang ranggung.

14. Gong

Gong adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Toba, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari logam dan memiliki bunyi yang khas dan unik.

15. Suling Batak

Suling Batak adalah alat musik tiup yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bunyi yang sangat khas dan unik.

16. Tari Sipakatau

Tari Sipakatau adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik serunai dan gendang yang sangat khas.

17. Tari Rapa’i Geleng

Tari Rapa’i Geleng adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang.

18. Tari Piso Surit

Tari Piso Surit adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Simalungun, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik sarune dan gondang.

19. Tari Rantak

Tari Rantak adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang.

20. Tari Selayang Pandang

Tari Selayang Pandang adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang.

21. Tari Sigale-gale

Tari Sigale-gale adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Toba, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang yang sangat khas.

22. Gendang Melayu Deli

Gendang Melayu Deli adalah alat musik yang biasanya dimainkan pada upacara adat di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis, seperti gendang besar, gendang kecil, dan gendang rebana.

23. Tari Kipas

Tari Kipas adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang.

24. Tari Tor-tor

Tari Tor-tor adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang yang sangat khas.

25. Tari Gembira

Tari Gembira adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang.

26. Tari Kecak

Tari Kecak adalah tarian yang berasal dari Bali, namun juga sering ditampilkan pada upacara adat di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan vokal yang sangat menarik.

27. Tari Piring Mandailing

Tari Piring Mandailing adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Tarian ini menggunakan piring sebagai alat musiknya yang diiringi dengan vokal yang menarik.

28. Tari Serampang Duabelas

Tari Serampang Duabelas adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang yang sangat khas.

29. Tari Indang

Tari Indang adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Minangkabau, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik talempong yang sangat khas.

30. Tari Baksa Kembang

Tari Baksa Kembang adalah tarian tradisional yang biasanya ditampilkan pada upacara adat di daerah Batak, Sumatera Utara. Tarian ini diiringi dengan musik gondang yang sangat khas.

Kesimpulan

Alat musik asli Sumatera Utara memiliki ragam jenis yang sangat beragam dan unik. Selain alat musik, Sumatera Utara juga memiliki tarian dan upacara adat yang sangat menarik untuk dijelajahi. Kekayaan budaya Sumatera Utara perlu dilestarikan dan dijaga agar tidak hilang begitu saja.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *