Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Posted on

Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh para guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini sering digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi di kelas dan meningkatkan kinerja siswa. Berikut adalah pengertian penelitian tindakan kelas menurut para ahli.

1. Sudjana

Menurut Sudjana (2005), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas, sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

2. Kemmis dan McTaggart

Kemmis dan McTaggart (1998) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui tindakan yang dilakukan oleh para guru. Penelitian ini melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi, serta evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan.

3. Mulyasa

Mulyasa (2007) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru dan evaluasi terhadap tindakan tersebut.

4. Sukmadinata

Sukmadinata (2008) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

5. Suharsimi Arikunto

Suharsimi Arikunto (2010) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

6. Slameto

Menurut Slameto (2010), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

7. Sugiyono

Sugiyono (2012) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

8. Trianto

Trianto (2013) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

9. Hasan Basri

Menurut Hasan Basri (2015), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

10. Rusman

Rusman (2017) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

11. Nurkholis

Menurut Nurkholis (2018), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

12. Asep Kadarohman

Asep Kadarohman (2019) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

13. Abdul Aziz

Menurut Abdul Aziz (2020), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

14. Abdul Malik

Abdul Malik (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

15. Siti Nurhidayah

Siti Nurhidayah (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

16. Siti Mariam

Siti Mariam (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

17. Teguh Santoso

Teguh Santoso (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

18. Teguh Budiono

Teguh Budiono (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

19. Rizki Amalia

Rizki Amalia (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

20. Ria Nisa

Ria Nisa (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

21. Sri Mulyani

Sri Mulyani (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

22. Yuniarti

Menurut Yuniarti (2021), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

23. Yusuf

Yusuf (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

24. Yuni Astuti

Yuni Astuti (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

25. Yuliani

Yuliani (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

26. Ahmad Rohani

Menurut Ahmad Rohani (2021), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

27. M. Nasir

M. Nasir (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

28. Sunardi

Sunardi (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

29. Danang Sunyoto

Danang Sunyoto (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

30. Ani Margawati

Ani Margawati (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.

Artikel Terkait: