Monumen Nasional Jakarta Tugu Bersejarah

Posted on

Sejarah Monumen Nasional Jakarta

Monumen Nasional Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas adalah lambang kebanggaan masyarakat Jakarta. Monas dibangun pada tahun 1961 dan diresmikan pada 17 Agustus 1975 oleh Presiden Soeharto. Monas dibangun sebagai simbol kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.Monas berdiri di atas lahan seluas 80.000 meter persegi dan memiliki tinggi 132 meter. Di puncak Monas terdapat api abadi yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia.

Tugu Bersejarah

Tidak hanya sebagai simbol kemerdekaan, Monas juga merupakan tugu bersejarah yang mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan Indonesia. Di sekitar Monas terdapat relief yang menceritakan kisah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.Tak hanya itu, di dalam Monas terdapat Museum Nasional yang berisi koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia. Di sana pengunjung dapat mengetahui sejarah Indonesia dari masa prasejarah hingga masa kemerdekaan.

Wisata Edukasi

Monas juga menjadi destinasi wisata edukasi yang sangat menarik. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah Indonesia dan juga menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.Terdapat juga wahana permainan anak-anak seperti sepeda gantung, kereta mini, dan perahu bebek yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Monas juga menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Jakarta pada malam tahun baru untuk menikmati kembang api.

Keindahan Monas

Selain memiliki nilai sejarah dan edukasi, Monas juga memiliki keindahan arsitektur yang sangat menarik. Monas dibangun dengan gaya arsitektur modern yang tampak futuristik.Pada malam hari, Monas akan tampak semakin indah dengan cahaya lampu yang menyala di sekitarnya. Di sekitar Monas juga terdapat taman yang indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Penutup

Monumen Nasional Jakarta atau Monas merupakan tugu bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Selain sebagai simbol kemerdekaan, Monas juga menjadi destinasi wisata edukasi yang menarik. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah Indonesia dan menikmati keindahan arsitektur modern yang futuristik.Jangan lupa kunjungi Monas ketika berada di Jakarta dan jadilah bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *