Penyebab Utama Perang Dunia 2

Posted on

Pendahuluan

Perang Dunia 2 adalah perang dunia yang terjadi pada tahun 1939 hingga tahun 1945 dan melibatkan hampir seluruh negara di dunia. Perang ini menelan banyak korban dan merusak banyak infrastruktur. Ada beberapa penyebab utama terjadinya Perang Dunia 2.

1. Kebijakan Penyelesaian Perang Versailles yang Tidak Adil

Setelah Perang Dunia 1, negara-negara Sekutu membuat Perjanjian Versailles yang merugikan Jerman. Jerman dipaksa membayar ganti rugi yang sangat besar dan wilayahnya diambil alih oleh negara-negara tetangga. Hal ini membuat rakyat Jerman merasa tidak adil dan ingin membalas dendam.

2. Kebijakan Ekonomi yang Tidak Stabil

Depresi ekonomi yang terjadi pada tahun 1929 membuat banyak negara mengalami kesulitan ekonomi. Hal ini membuat negara-negara mencari cara untuk memperbaiki ekonominya, termasuk dengan cara menyerang negara lain.

3. Kebijakan Imperialisme

Negara-negara Eropa dan Jepang memiliki kebijakan imperialisme yang membuat mereka menginginkan wilayah baru untuk dijajah. Hal ini membuat negara-negara tersebut saling bersaing dan menimbulkan konflik.

4. Kebijakan Militeristik

Negara-negara Eropa dan Jepang memiliki kebijakan militeristik yang membuat mereka menambah kekuatan militer mereka. Hal ini membuat negara-negara tetangga merasa terancam dan membuat mereka menambah kekuatan militer mereka juga.

5. Kebijakan Rasis

Adolf Hitler dan Partai Nazi memiliki kebijakan rasis yang membuat mereka ingin memperluas wilayah Jerman dan ingin membunuh orang-orang Yahudi. Kebijakan ini membuat banyak negara terkejut dan ingin menghentikan kebijakan tersebut.

6. Kebijakan Anti-Komunis

Jepang dan Jerman memiliki kebijakan anti-komunis yang membuat mereka menyerang Uni Soviet. Hal ini membuat Uni Soviet merasa terancam dan membuat mereka menambah kekuatan militer mereka.

7. Kebijakan Isolasionis

Amerika Serikat memiliki kebijakan isolasionis yang membuat mereka tidak ingin terlibat dalam konflik di Eropa dan Asia. Hal ini membuat banyak negara merasa kecewa karena Amerika Serikat tidak membantu mereka.

8. Kebijakan Appeasement

Inggris dan Prancis memiliki kebijakan appeasement yang membuat mereka tidak ingin terlibat dalam konflik. Hal ini membuat Jerman merasa diuntungkan dan membuat mereka semakin berani menyerang negara-negara tetangga.

9. Serangan Jepang ke Pearl Harbor

Pada tanggal 7 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii. Serangan ini membuat Amerika Serikat ingin membalas dendam dan menjadi salah satu alasan Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia 2.

10. Serangan Jerman ke Uni Soviet

Pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman menyerang Uni Soviet. Serangan ini membuat Uni Soviet terlibat dalam Perang Dunia 2 dan membuat banyak negara lain ingin membantu Uni Soviet.

11. Kesimpulan

Perang Dunia 2 adalah perang yang sangat merusak dan menelan banyak korban. Ada banyak penyebab utama terjadinya perang ini, mulai dari kebijakan penyelesaian Perang Versailles yang tidak adil, kebijakan ekonomi yang tidak stabil, kebijakan imperialisme, kebijakan militeristik, kebijakan rasis, kebijakan anti-komunis, kebijakan isolasionis, kebijakan appeasement, hingga serangan Jepang ke Pearl Harbor dan serangan Jerman ke Uni Soviet. Semoga perang dunia seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *