Perang Saudara Spanyol 28 Maret 1939

Posted on

Perang Saudara Spanyol yang dimulai pada 17 Juli 1936 dan berakhir pada 1 April 1939 adalah konflik besar yang terjadi di Spanyol. Konflik ini melibatkan pasukan yang setia kepada pemerintah Spanyol yang dipimpin oleh Front Populer Kiri dan pasukan yang setia kepada Jenderal Francisco Franco yang berada di pihak kanan.

Penyebab Perang Saudara Spanyol

Perang Saudara Spanyol dimulai setelah terjadinya kudeta yang dilakukan oleh pasukan nasionalis yang dipimpin oleh Jenderal Francisco Franco. Pasukan nasionalis ini ingin menggulingkan pemerintah Spanyol yang saat itu dipimpin oleh Front Populer Kiri.

Pasukan nasionalis mendapat dukungan dari golongan konservatif dan gereja Katolik Spanyol. Sebaliknya, pemerintah Spanyol mendapat dukungan dari kelompok-kelompok sosialis dan komunis.

Penyebab lain dari Perang Saudara Spanyol adalah ketegangan antara kelompok-kelompok yang berbeda di Spanyol. Kelompok-kelompok ini berbeda dalam hal agama, kebudayaan, dan politik.

Pasukan Nasionalis dan Pemerintah Spanyol

Pasukan nasionalis dipimpin oleh Jenderal Francisco Franco. Pasukan nasionalis ini terdiri dari tentara, polisi, dan kelompok-kelompok yang mendukung Franco. Pasukan nasionalis ini mendapat dukungan dari Italia dan Jerman.

Pemerintah Spanyol dipimpin oleh Front Populer Kiri. Pemerintah Spanyol ini terdiri dari partai-partai kiri dan tengah. Pemerintah Spanyol ini mendapat dukungan dari Uni Soviet dan negara-negara komunis lainnya.

Perang Saudara Spanyol

Perang Saudara Spanyol dimulai pada 17 Juli 1936 ketika pasukan nasionalis melakukan kudeta. Pemerintah Spanyol menentang kudeta ini dan memobilisasi pasukan-pasukan untuk melawan pasukan nasionalis.

Perang Saudara Spanyol berlangsung selama 3 tahun dan memakan banyak korban jiwa. Pasukan nasionalis berhasil menguasai sebagian besar wilayah Spanyol pada tahun 1939.

Dampak Perang Saudara Spanyol

Perang Saudara Spanyol memiliki dampak yang besar bagi Spanyol dan dunia. Dampak utama Perang Saudara Spanyol adalah:

  • Banyak korban jiwa
  • Terjadinya penganiayaan terhadap kelompok-kelompok tertentu
  • Terjadinya pengasingan terhadap kelompok-kelompok tertentu
  • Perubahan politik di Spanyol
  • Terjadinya pengaruh terhadap perang dunia kedua

Penutup

Perang Saudara Spanyol yang terjadi pada 28 Maret 1939 adalah konflik besar yang terjadi di Spanyol. Konflik ini terjadi antara pasukan yang setia kepada pemerintah Spanyol yang dipimpin oleh Front Populer Kiri dan pasukan yang setia kepada Jenderal Francisco Franco yang berada di pihak kanan.

Perang Saudara Spanyol terjadi karena ketegangan antara kelompok-kelompok yang berbeda di Spanyol. Pasukan nasionalis berhasil menguasai sebagian besar wilayah Spanyol pada tahun 1939 setelah perang berlangsung selama 3 tahun.

Perang Saudara Spanyol memiliki dampak yang besar bagi Spanyol dan dunia. Dampak utama Perang Saudara Spanyol adalah banyak korban jiwa, terjadinya penganiayaan terhadap kelompok-kelompok tertentu, terjadinya pengasingan terhadap kelompok-kelompok tertentu, perubahan politik di Spanyol, dan terjadinya pengaruh terhadap perang dunia kedua.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *