Bekas Kraton Mataram di Pleret: Jejak Sejarah yang Harus Dikunjungi

Posted on

Pengenalan

Pleret adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Wilayah ini menyimpan jejak sejarah yang cukup penting, salah satunya adalah bekas kraton Mataram. Bekas Kraton Mataram di Pleret ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Sejarah Kraton Mataram

Kraton Mataram adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada abad ke-16 dan pada saat itu di bawah pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo. Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaannya. Namun, pada akhirnya kerajaan ini mengalami kemunduran.Pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Kesultanan Yogyakarta yang pada awalnya merupakan wilayah Kerajaan Mataram kemudian menjadi kerajaan yang mandiri pada tahun 1755.

Bekas Kraton Mataram di Pleret

Bekas Kraton Mataram di Pleret adalah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram. Kraton ini dibangun oleh Sultan Agung pada tahun 1635. Namun, saat ini hanya tersisa bekas-bekasnya saja.Di lokasi bekas Kraton Mataram ini, terdapat beberapa bangunan yang masih bisa dilihat seperti gapura, tembok, dan tangga. Selain itu, di sekitar lokasi ini juga terdapat beberapa makam keramat yang menjadi tempat ziarah oleh masyarakat sekitar.

Akses ke Bekas Kraton Mataram di Pleret

Untuk menuju ke bekas Kraton Mataram di Pleret, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya sehingga cukup mudah dijangkau.Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp.5.000,- per orang. Selain itu, di sekitar lokasi juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Kesimpulan

Bekas Kraton Mataram di Pleret adalah salah satu tempat wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika berada di Yogyakarta. Di lokasi ini, kita bisa melihat bekas peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan jalan raya dan harga tiket yang terjangkau membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Yogyakarta.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *