Peta 34 Provinsi di Indonesia: Pelajari Lebih Lanjut tentang Daerah-daerah yang Menakjubkan!

Posted on

Jika Anda mencari informasi tentang peta 34 provinsi di Indonesia, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan membahas tentang 34 provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Mari pelajari lebih lanjut tentang daerah-daerah yang menakjubkan ini!

1. Aceh

Provinsi Aceh terletak di ujung barat laut Pulau Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti pantai yang indah dan kebun teh yang hijau. Aceh juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti mie Aceh dan nasi goreng Aceh.

2. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara terletak di sebelah utara Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan Danau Toba, yang merupakan danau terbesar di Indonesia. Selain itu, Sumatera Utara juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti saksang dan arsik.

3. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat terletak di sebelah barat Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti pegunungan dan air terjun yang indah. Sumatera Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti rendang dan dendeng.

4. Riau

Provinsi Riau terletak di sebelah timur Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan kekayaan alamnya, seperti hutan hujan tropis dan laut yang kaya akan ikan. Riau juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ikan bakar dan sate Padang.

5. Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau terletak di sebelah timur Sumatra dan berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pulau-pulau kecilnya, seperti Pulau Bintan dan Pulau Batam. Kepulauan Riau juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti gonggong dan kue lapis.

6. Jambi

Provinsi Jambi terletak di sebelah tengah Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti hutan hujan tropis dan air terjun yang indah. Jambi juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti gulai ikan dan sate padang.

7. Bengkulu

Provinsi Bengkulu terletak di sebelah barat daya Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pantainya, seperti Pantai Panjang dan Pantai Tapak Paderi. Bengkulu juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti pempek dan laksa.

8. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terletak di sebelah selatan Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Danau Ranau dan Gunung Dempo. Sumatera Selatan juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti pempek dan tekwan.

9. Lampung

Provinsi Lampung terletak di sebelah selatan Sumatra. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Krakatau dan Pantai Tanjung Setia. Lampung juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti pindang dan sate.

10. Banten

Provinsi Banten terletak di sebelah barat Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pantainya, seperti Pantai Anyer dan Pantai Carita. Banten juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti empal gentong dan nasi uduk.

11. DKI Jakarta

DKI Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia. Kota ini terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya, seperti Menara BCA dan Wisma 46. Jakarta juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti nasi goreng dan gado-gado.

12. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat terletak di sebelah barat Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih. Jawa Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti sate maranggi dan seblak.

13. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah terletak di tengah Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Candi Borobudur dan Taman Nasional Karimunjawa. Jawa Tengah juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti nasi liwet dan gudeg.

14. Yogyakarta

Yogyakarta adalah provinsi yang terletak di tengah Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Candi Prambanan dan Taman Sari. Yogyakarta juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti gudeg dan sate klathak.

15. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Bromo dan Pantai Parangtritis. Jawa Timur juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti rawon dan sate kambing.

16. Bali

Bali adalah provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pantainya, seperti Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Bali juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti babi guling dan lawar.

17. Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat terletak di sebelah timur Bali. Provinsi ini terkenal dengan keindahan pulau-pulau kecilnya, seperti Pulau Lombok dan Pulau Gili. Nusa Tenggara Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ayam taliwang dan plecing kangkung.

18. Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa Tenggara Timur terletak di sebelah timur Nusa Tenggara Barat. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Pulau Komodo dan Gunung Kelimutu. Nusa Tenggara Timur juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ikan bakar dan sate.

19. Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat terletak di sebelah barat Kalimantan. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Gunung Palung dan Sungai Kapuas. Kalimantan Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti sate kelapa dan nasi kuning.

20. Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah terletak di tengah Kalimantan. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Tanjung Puting dan Danau Sembuluh. Kalimantan Tengah juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti soto banjar dan mi kering.

21. Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan Selatan terletak di sebelah selatan Kalimantan. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Pulau Laut Kecil dan Pantai Tanjung Tinggi. Kalimantan Selatan juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti pindang patin dan sate banjar.

22. Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur terletak di sebelah timur Kalimantan. Provinsi ini terkenal dengan kekayaan alamnya, seperti Tambang Batubara dan Taman Nasional Kutai. Kalimantan Timur juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti nasi kuning dan sate kelapa.

23. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara terletak di sebelah utara Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Danau Tondano dan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Sulawesi Utara juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti cakalang fufu dan tinutuan.

24. Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak di sebelah utara Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan Pantai Olele. Gorontalo juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ayam bakar bumbu rica-rica dan sate kuda.

25. Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah terletak di tengah Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Lore Lindu dan Danau Poso. Sulawesi Tengah juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti tinutuan dan cakalang pampis.

26. Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan terletak di sebelah selatan Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Bantimurung dan Taman Nasional Wakatobi. Sulawesi Selatan juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti coto makassar dan konro.

27. Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat terletak di sebelah barat Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Lore Lindu dan Pantai Manakarra. Sulawesi Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ayam betutu dan pallumara.

28. Maluku

Provinsi Maluku terletak di sebelah timur Indonesia. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Manusela dan Pulau Banda. Maluku juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ikan kuah kuning dan nasi papeda.

29. Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara terletak di sebelah utara Maluku. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Nasional Aketajawe-Lolobata dan Pulau Tidore. Maluku Utara juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti ikan woku dan tinutuan.

30. Papua Barat

Provinsi Papua Barat terletak di sebelah barat Papua. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Raja Ampat dan Taman Nasional Lorentz. Papua Barat juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti papeda dan ikan kuah kuning.

31. Papua

Provinsi Papua terletak di sebelah timur Indonesia. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Danau Sentani dan Taman Nasional Lorentz. Papua juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti bakar batu dan sup ikan merah.

32. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara terletak di sebelah utara Sulawesi. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Danau Tondano dan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Sulawesi Utara juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti cakalang fufu dan tinutuan.

33. Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak di sebelah utara Sulawesi. Provinsi

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *