Dalil Tolong Menolong dalam Kebaikan

Posted on

Ada banyak dalil yang mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Dalam agama Islam, hal ini sangat ditekankan sebagai salah satu amalan yang sangat mulia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang dalil-dalil yang mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.

1. QS Al-Baqarah 2:195

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah sebelumnya baik-baik saja, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk tidak membuat kerusakan di muka bumi. Sebagai manusia yang hidup di bumi ini, kita harus saling tolong menolong untuk menjaga bumi ini agar tetap baik-baik saja. Kita harus saling membantu dalam kebaikan agar bumi ini tetap terjaga.

2. QS Al-Maidah 5:2

“Tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Kita harus membantu sesama dalam kebaikan dan menjauhi segala bentuk dosa dan pelanggaran. Kita harus selalu bertakwa kepada Allah SWT agar kita dapat hidup dengan tenang dan damai.

3. HR Bukhari

“Barang siapa yang membantu saudaranya dalam kebaikan, maka Allah akan membantunya dalam kebaikan tersebut. Barang siapa yang menghilangkan kesulitan orang lain, maka Allah akan menghilangkan kesulitan yang dihadapinya di hari kiamat. Barang siapa yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.”

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan. Jika kita membantu saudara kita dalam kebaikan, maka Allah SWT akan membantu kita dalam kebaikan tersebut. Jika kita menghilangkan kesulitan orang lain, maka Allah SWT akan menghilangkan kesulitan yang dihadapinya di hari kiamat. Dan jika kita menutupi aib saudara kita, maka Allah SWT akan menutupi aib kita di hari kiamat.

4. QS Al-Hujurat 49:11

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diperolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah (diketahui) keimanan. Dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk tidak mengolok-olokkan atau mencela sesama. Kita harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Kita harus saling membantu dalam kebaikan dan tidak saling mencela atau mengolok-olokkan.

5. HR Muslim

“Tidaklah seorang mukmin menolong saudaranya, kecuali Allah akan memberikan pertolongan kepadanya pada hari kiamat. Tidaklah seorang mukmin menutupi aib saudaranya, kecuali Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat.”

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Jika kita menolong saudara kita, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan kepadanya pada hari kiamat. Dan jika kita menutupi aib saudara kita, maka Allah SWT akan menutupi aib kita pada hari kiamat.

6. QS Ali Imran 3:92

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara menafkahkan sebagian harta yang kita cintai. Kita harus saling membantu dalam kebaikan dengan cara memberikan sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkan.

7. QS Al-Ma’un 107:1-7

“Tahukah kamu (orang yang mendustakan agama), apakah orang yang mendustakan agama itu? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang shalat, yaitu orang yang lalai dari shalatnya, yang berbuat riya (dalam shalatnya) dan yang enggan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan memberikan makanan kepada orang miskin dan membantu anak yatim. Kita harus selalu membantu sesama dalam kebaikan dan tidak lalai dari shalat kita.

8. QS Al-Baqarah 2:267

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan untuk kamu dari bumi. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara menafkahkan sebagian dari hasil usaha kita dan sebagian dari apa yang Allah SWT berikan kepada kita. Kita harus membantu sesama dalam kebaikan dengan cara mengeluarkan sebagian harta kita untuk orang yang membutuhkan.

9. QS Al-Baqarah 2:277

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, berinfak (menafkahkan sebagian harta), berdoa dengan kerendahan hati dan rasa takut serta penuh harap kepada Allah, mereka itu yakin akan mendapat tempat kembali yang baik (surga).”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara mengerjakan kebajikan, menafkahkan sebagian harta kita, dan berdoa dengan kerendahan hati dan rasa takut serta penuh harap kepada Allah SWT. Kita harus selalu yakin bahwa jika kita membantu sesama dalam kebaikan, maka Allah SWT akan memberikan tempat kembali yang baik (surga) kepada kita.

10. QS Al-Isra 17:26-27

“Dan berikanlah kepada keluarga yang berhak (menerima), dan kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan. Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) dengan boros. Sesungguhnya orang yang boros adalah saudara setan, dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara memberikan sebagian harta kita kepada keluarga yang berhak menerima, orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Kita harus selalu menghargai harta kita dan tidak menghambur-hamburkannya dengan boros.

11. QS Al-Baqarah 2:83

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sedikit di antara kamu, dan kamu selalu berpaling dari (janji) itu.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara berbuat baik kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat. Kita harus selalu menjalankan janji kita dan membantu sesama dalam kebaikan.

12. QS Al-Hajj 22:77

“Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu, dan tetaplah bersiap siaga (dalam peperangan atau jihad), dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu berhasil.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara bersabar dan kuat dalam menghadapi cobaan. Kita harus selalu tetap bersiap siaga dan bertakwa kepada Allah SWT agar kita dapat berhasil dalam hidup ini.

13. QS Ad-Dhuha 93:9-11

“Dan sesungguhnya akhiran (yang akan kamu dapatkan) lebih baik bagimu dari permulaan (yang kamu alami). Dan sesungguhnya kelak Tuhanmu pasti akan memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu kamu akan menjadi puas. Bukankah Dia mendapati kamu sebagai seorang yatim, lalu Dia memberikan tempat (berkumpul) kepadamu?”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara menghadapi cobaan dengan sabar dan yakin bahwa akhiran yang akan kita dapatkan lebih baik dari permulaan yang kita alami. Kita harus selalu bersyukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

14. QS Al-Maidah 5:55

“Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan mereka yang sujud.”

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk saling membantu sesama dalam kebaikan dengan cara mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan sujud kepada Allah SWT. Kita harus saling membantu dalam kebaikan dan selalu berdoa kepada Allah SWT.

15. QS Al-Maidah 5:32

“Karena itu Kami tetapkan bagi Bani Israil bahwa barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seolah-olah dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Rasul-Rasul Kami dengan membawa keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas di muka bumi.”

D

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *