Kumpulan Contoh Bacaan Idgham Bighunnah dalam Al Quran

Posted on

Bacaan Idgham Bighunnah adalah salah satu bacaan dalam Al Quran yang sering didengar dan dibaca oleh umat muslim. Bacaan ini memiliki nilai penting dalam memperindah bacaan Al Quran serta memudahkan para pembaca dalam mengucapkan huruf-huruf yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa contoh bacaan Idgham Bighunnah dalam Al Quran yang perlu diketahui oleh umat muslim.

1. Surat Al-Fatihah

Bacaan Idgham Bighunnah dapat ditemukan pada surat Al-Fatihah ayat ke-2, yaitu pada huruf ب dan huruf م. Kedua huruf tersebut akan disebutkan secara bersambung dengan huruf-huruf yang berada di sekitarnya, sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata مَـٰلِكِ يَوْمِ الدِّينِ (maliki yawmi ad-din), huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara yang terdengar seperti “mb”.

2. Surat Al-Baqarah

Pada surat Al-Baqarah ayat ke-258, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ي. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ي menjadi satu suara dengan cara menghilangkan suara mati pada huruf ب. Contohnya, pada kata فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّـهِ وَاتَّبَعَهُ (fa-amma alladhina amanu billahi wa-ttaba’ah), huruf ب pada kata أَمَّا akan bersambung dengan huruf ي pada kata اتَّبَعَهُ menjadi satu suara “by”.

3. Surat Al-Kahfi

Pada surat Al-Kahfi ayat ke-11, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata فَأَرَادَ فِيهَا رَبُّهُ أَن يَجْعَلَهَا خَرَابًا (fa-arada fiha rabbuhu an yaj’alaha kharaban), huruf ب pada kata أَن akan bersambung dengan huruf م pada kata يَجْعَلَهَا menjadi satu suara “mb”.

4. Surat An-Nisa

Pada surat An-Nisa ayat ke-103, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ف. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ف sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِينَ (wa-lyasyhad ‘azabahuma thaaifatun min al-mu’minin), huruf ب pada kata عَذَابَهُمَا akan bersambung dengan huruf ف pada kata طَائِفَةٌ menjadi satu suara “bf”.

5. Surat Al-Mujadilah

Pada surat Al-Mujadilah ayat ke-11, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ (faman lam yajid fasiyamu thalathati ayyamin), huruf ب pada kata فَصِيَامُ akan bersambung dengan huruf م pada kata ثَلَاثَةِ menjadi satu suara “mb”.

6. Surat Al-Buruj

Pada surat Al-Buruj ayat ke-9, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata فِي جَوَّارِ الْكُنُّبِ (fi jawwari al-kunnubi), huruf ب pada kata الْكُنُّبِ akan bersambung dengan huruf م pada kata جَوَّارِ menjadi satu suara “mb”.

7. Surat Al-Qalam

Pada surat Al-Qalam ayat ke-51, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَّجِيمٍ (wa-ma huwa biqawli syaitanin rajim), huruf ب pada kata بِقَوْلِ akan bersambung dengan huruf م pada kata شَيْطَانٍ menjadi satu suara “mb”.

8. Surat Al-Muzzammil

Pada surat Al-Muzzammil ayat ke-4, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ن. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ن sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا (wa dzkur isma rabbika wa-ttabattal ilaihi tabtiila), huruf ب pada kata تَبَتَّلْ akan bersambung dengan huruf ن pada kata إِلَيْهِ menjadi satu suara “bn”.

9. Surat Al-Fajr

Pada surat Al-Fajr ayat ke-24, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ل. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ل sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata إِلَىٰ رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمُسْتَقَرُّ (ila rabbika yawma’idhin al-mustaqarr), huruf ب pada kata يَوْمَئِذٍ akan bersambung dengan huruf ل pada kata الْمُسْتَقَرُّ menjadi satu suara “bl”.

10. Surat Al-Mursalat

Pada surat Al-Mursalat ayat ke-22, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَالْأَرْضِ وَمَا طَحَاهَا (wa-al-ardi wa-ma thahaha), huruf ب pada kata طَحَاهَا akan bersambung dengan huruf م pada kata وَالْأَرْضِ menjadi satu suara “mb”.

11. Surat Al-Mujadilah

Pada surat Al-Mujadilah ayat ke-4, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf م. Huruf ب akan bersambung dengan huruf م sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَالَّذِينَ يَتَحَرَّزُونَ مَوَاضِعَ الْإِثْمِ (wa-alladhina yataharrazuna mawaadhi’a al-itsmi), huruf ب pada kata مَوَاضِعَ akan bersambung dengan huruf م pada kata الْإِثْمِ menjadi satu suara “mm”.

12. Surat Al-Mulk

Pada surat Al-Mulk ayat ke-7, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ل. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ل sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَجَعَلْنَا مِن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا (wa-ja’alna min bayni aydihim saddan wa-min khalfihim saddan), huruf ب pada kata بَيْنِ akan bersambung dengan huruf ل pada kata أَيْدِيهِمْ menjadi satu suara “bl”.

13. Surat Al-Hajj

Pada surat Al-Hajj ayat ke-25, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf و. Huruf ب akan bersambung dengan huruf و sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُوا الشَّيَاطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَانَ (wa-attaba’u ma tatluu asy-syayatinu ‘ala mulki sulaiman), huruf ب pada kata تَتْلُوا akan bersambung dengan huruf و pada kata الشَّيَاطِينُ menjadi satu suara “bw”.

14. Surat Al-Furqan

Pada surat Al-Furqan ayat ke-68, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ل. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ل sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّـهِ إِلَـٰهًا آخَرَ (wa-alladhina la yad’una ma’a allahi ilahan akhara), huruf ب pada kata يَدْعُونَ akan bersambung dengan huruf ل pada kata مَعَ اللَّـهِ menjadi satu suara “bl”.

15. Surat Al-Anbiya

Pada surat Al-Anbiya ayat ke-5, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ي. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ي menjadi satu suara dengan cara menghilangkan suara mati pada huruf ب. Contohnya, pada kata وَلَوْ نَشَاءُ لَأَرَيْنَاهُمْ لَكِنَّاهُم مِّنْهُم مَّن يَمُوتُونَ (wa-law nasha’u la-araynahum lakinnahaum minhum man yamutun), huruf ب pada kata لَكِنَّاهُم akan bersambung dengan huruf ي pada kata مِّنْهُم menjadi satu suara “by”.

16. Surat Al-Isra

Pada surat Al-Isra ayat ke-25, terdapat bacaan Idgham Bighunnah pada huruf ب dan huruf ن. Huruf ب akan bersambung dengan huruf ن sehingga menjadi satu suara. Contohnya, pada kata وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (wa-qul rabbir hamhuma kama rabbayani saghira), huruf ب pada kata رَّبَّيَانِي akan bersambung dengan huruf ن pada kata صَغِيرًا menjadi satu suara “bn”.

Bagikan:
Artikel Terkait: