Cicil atau Ngontrak Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Posted on

Membeli rumah adalah salah satu impian banyak orang. Namun, terkadang ada beberapa faktor yang membuat seseorang tidak mampu membeli rumah secara tunai. Salah satu pilihan yang bisa diambil adalah dengan mencicil atau menyewa rumah. Namun, kira-kira mana yang lebih menguntungkan antara cicil atau ngontrak rumah? Berikut penjelasannya.

Cicil Rumah

Cicil rumah merupakan pilihan yang tepat bagi yang ingin memiliki rumah namun tidak memiliki uang tunai yang cukup. Dalam cicilan, biasanya rumah akan dibeli secara kredit dan dibayarkan setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa keuntungan dari cicilan rumah, yaitu:

1. Lebih Terjangkau

Dalam cicilan rumah, pembeli hanya perlu membayar uang muka yang relatif kecil dibandingkan dengan harga rumah yang sebenarnya. Dengan demikian, harga rumah menjadi lebih terjangkau dan tidak membebani keuangan bulanan pembeli.

2. Menjadi Milik Sendiri

Cicilan rumah memberikan keuntungan bahwa rumah tersebut akan menjadi milik sendiri setelah cicilan selesai dibayar. Sehingga, tidak perlu lagi membayar sewa atau mencari tempat tinggal lainnya.

3. Meningkatkan Nilai Properti

Dengan memiliki rumah, maka nilai properti tersebut akan cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Sehingga, ketika dibutuhkan uang dalam waktu tertentu, rumah bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Ngontrak Rumah

Selain cicil rumah, pilihan lainnya adalah dengan ngontrak rumah. Ngontrak rumah adalah ketika seseorang menyewa atau menyewakan rumah untuk dijadikan tempat tinggal. Ada beberapa keuntungan dari ngontrak rumah, yaitu:

1. Fleksibilitas Tinggal

Dengan ngontrak rumah, seseorang akan lebih fleksibel dalam memilih tempat tinggal. Jika suatu saat ingin pindah ke tempat lain, maka tidak perlu repot dalam menjual rumah terlebih dahulu.

2. Tidak Memerlukan Biaya Besar

Untuk ngontrak rumah, seseorang hanya perlu membayar uang sewa dan deposit yang relatif kecil dibandingkan dengan harga rumah yang sebenarnya. Sehingga tidak membebani keuangan bulanan.

3. Tidak Perlu Memikirkan Perawatan

Salah satu keuntungan dari ngontrak rumah adalah tidak perlu memikirkan perawatan rumah seperti memperbaiki genteng bocor atau pipa yang rusak. Semua tanggung jawab perawatan rumah akan menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa baik cicil rumah maupun ngontrak rumah memiliki keuntungan masing-masing. Jadi, pilihan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing individu. Jika memiliki kemampuan finansial yang cukup, lebih baik membeli rumah dengan mencicilnya. Namun, jika ingin lebih fleksibel dan tidak memerlukan biaya besar, ngontrak rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *