Apa Itu RPP Kurikulum Merdeka?
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu dokumen penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya Kurikulum Merdeka, RPP juga mengalami perubahan dalam penyusunan dan pelaksanaannya. RPP Kurikulum Merdeka merupakan panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum yang lebih fleksibel.
Unsur-Unsur RPP Kurikulum Merdeka
RPP Kurikulum Merdeka memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penyusunannya. Unsur-unsur tersebut antara lain adalah identitas sekolah, identitas guru, identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.
Langkah-Langkah Penyusunan RPP Kurikulum Merdeka
Untuk menyusun RPP Kurikulum Merdeka, guru perlu mengikuti beberapa langkah. Langkah pertama adalah mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Kemudian, guru perlu menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa. Setelah itu, guru dapat merancang materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum.
Kelebihan RPP Kurikulum Merdeka
RPP Kurikulum Merdeka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan RPP pada kurikulum sebelumnya. Salah satunya adalah fleksibilitas dalam penyusunan RPP sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Selain itu, RPP Kurikulum Merdeka juga mendorong guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran yang menarik dan efektif.
Contoh RPP Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah contoh RPP Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dengan tema “Pantun”.
Identitas Sekolah: SMP Negeri 1 Jakarta
Identitas Guru: Budi Santoso
Identitas Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Standar Kompetensi: Memahami pantun sebagai salah satu karya sastra tradisional Indonesia.
Kompetensi Dasar: Menyebutkan ciri-ciri pantun dan membedakannya dengan puisi dan syair.
Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pantun dan membedakannya dengan puisi dan syair.
Materi Pembelajaran: Pengertian pantun, ciri-ciri pantun, perbedaan pantun dengan puisi dan syair.
Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
Media Pembelajaran: Papan tulis, buku referensi, gambar.
Penilaian: Tes tulis, observasi, penugasan.
Kesimpulan
RPP Kurikulum Merdeka merupakan panduan penting bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum yang lebih fleksibel. Dengan mengikuti langkah-langkah penyusunan RPP Kurikulum Merdeka dan memperhatikan unsur-unsur yang ada, guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.