Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Vivo: Panduan Lengkap

Posted on

Apa itu Aplikasi Bawaan?

Sebagian besar produsen smartphone, termasuk Vivo, menyertakan sejumlah aplikasi bawaan dalam perangkat mereka. Aplikasi ini biasanya disebut sebagai bloatware karena mereka sering tidak berguna dan hanya memenuhi ruang penyimpanan.

Mengapa Menghapus Aplikasi Bawaan?

Menghapus aplikasi bawaan bisa memberikan beberapa keuntungan. Pertama, Anda akan memiliki lebih banyak ruang penyimpanan untuk aplikasi yang Anda gunakan dengan sering. Kedua, menghapus aplikasi yang tidak digunakan dapat meningkatkan kinerja perangkat.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Vivo

Langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan di Vivo cukup mudah:1. Buka menu aplikasi Vivo Anda.2. Cari aplikasi yang ingin Anda hapus.3. Tahan aplikasi selama beberapa detik hingga muncul opsi.4. Pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus”.Selesai. Aplikasi yang tidak diinginkan sekarang telah dihapus dari perangkat Vivo Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Dapat Dihapus

Beberapa aplikasi bawaan mungkin tidak dapat dihapus dari perangkat Vivo Anda. Namun, Anda masih dapat menyembunyikannya dari tampilan menu aplikasi:1. Buka menu aplikasi Vivo Anda.2. Pilih opsi “Edit” atau “Sunting”.3. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.4. Pilih opsi “Hide” atau “Sembunyikan”.Selesai. Aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus sekarang disembunyikan dari tampilan menu aplikasi.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Telah Dihapus

Jika Anda telah menghapus aplikasi bawaan dari perangkat Vivo Anda dan ingin mengembalikannya, Anda dapat mengunduh ulang aplikasi tersebut dari Google Play Store:1. Buka Google Play Store di perangkat Anda.2. Cari aplikasi bawaan yang ingin Anda instal ulang.3. Unduh dan instal aplikasi tersebut.Selesai. Aplikasi bawaan yang telah dihapus sekarang telah dipulihkan di perangkat Vivo Anda.

Aplikasi Bawaan yang Aman untuk Dihapus

Beberapa aplikasi bawaan pada perangkat Vivo Anda mungkin aman untuk dihapus tanpa mempengaruhi kinerja perangkat. Beberapa contohnya termasuk:- Aplikasi cuaca- Aplikasi kalkulator- Aplikasi kalenderNamun, pastikan untuk membaca informasi aplikasi sebelum menghapusnya untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak penting bagi kinerja perangkat.

Aplikasi Bawaan yang Tidak Aman untuk Dihapus

Beberapa aplikasi bawaan pada perangkat Vivo Anda mungkin penting untuk kinerja perangkat atau bahkan digunakan oleh sistem operasi. Beberapa contohnya termasuk:- Aplikasi sistem- Aplikasi telepon- Aplikasi pesanJangan hapus aplikasi bawaan yang termasuk dalam kategori ini karena dapat memengaruhi kinerja perangkat.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menghapus lebih banyak aplikasi bawaan dari perangkat Vivo Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Debloater atau NoBloat:1. Unduh aplikasi Debloater atau NoBloat dari Google Play Store.2. Buka aplikasi dan pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus.3. Pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus”.Selesai. Aplikasi bawaan yang tidak diinginkan sekarang telah dihapus dari perangkat Vivo Anda.

Kesimpulan

Menghapus aplikasi bawaan di perangkat Vivo dapat memberikan beberapa keuntungan, seperti meningkatkan kinerja perangkat dan memberikan lebih banyak ruang penyimpanan. Namun, pastikan untuk tidak menghapus aplikasi bawaan yang penting untuk kinerja perangkat atau digunakan oleh sistem operasi. Jika Anda ingin menghapus lebih banyak aplikasi bawaan, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Debloater atau NoBloat.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *