General

Alat Musik Gesek 2: Memahami Jenis dan Fungsinya

×

Alat Musik Gesek 2: Memahami Jenis dan Fungsinya

Share this article

Alat musik gesek adalah jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara digesek. Jenis alat musik gesek sangat beragam, salah satunya adalah alat musik gesek 2. Apa itu alat musik gesek 2 dan apa fungsinya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Alat Musik Gesek 2?

Alat musik gesek 2 adalah salah satu jenis alat musik gesek yang memiliki dua senar. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara diletakkan di bahu atau di pangkuan dan digesek dengan menggunakan busur.

Alat musik gesek 2 memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Misalnya saja, alat musik gesek 2 dari Jawa Barat memiliki bentuk seperti biola kecil sedangkan alat musik gesek 2 dari Sulawesi Selatan memiliki bentuk seperti rebab.

Fungsi Alat Musik Gesek 2

Alat musik gesek 2 memiliki berbagai fungsi, di antaranya adalah:

  1. Sebagai alat musik pengiring dalam acara-acara adat.
  2. Sebagai alat musik utama dalam pertunjukan musik tradisional.
  3. Sebagai alat musik dalam balai gamelan.

Alat musik gesek 2 juga sering digunakan dalam pertunjukan musik modern. Beberapa musisi Indonesia seperti Iwan Fals dan Dwiki Dharmawan bahkan sering menggabungkan alat musik gesek 2 dengan alat musik modern seperti keyboard dan drum.

Jenis Alat Musik Gesek 2

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis alat musik gesek 2. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Rebab
  2. Rabab
  3. Rabab Pariaman
  4. Rabab Sumatra Barat
  5. Rabab Aceh

Masing-masing jenis alat musik gesek 2 memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Misalnya saja, rebab berasal dari Jawa dan Bali sedangkan rabab berasal dari Sumatra Barat dan Aceh.

Cara Memainkan Alat Musik Gesek 2

Untuk memainkan alat musik gesek 2, pertama-tama kita harus menyiapkan busur. Busur biasanya terbuat dari kayu dan diberi helaian bulu di bagian ujungnya. Setelah itu, letakkan alat musik di bahu atau pangkuan dan gesek busur pada senar alat musik.

Penting untuk diperhatikan bahwa teknik memainkan alat musik gesek 2 berbeda-beda tergantung dari jenis alat musik gesek 2 yang dimainkan. Misalnya saja, teknik memainkan rabab Sumatra Barat berbeda dengan teknik memainkan rabab Aceh.

Keunikan Alat Musik Gesek 2

Salah satu keunikan alat musik gesek 2 adalah suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan oleh alat musik gesek 2 memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari jenis alat musik gesek 2 yang dimainkan.

Keunikan lain dari alat musik gesek 2 adalah bentuk dan ukurannya yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Misalnya saja, alat musik gesek 2 dari Jawa Barat memiliki bentuk seperti biola kecil sedangkan alat musik gesek 2 dari Sulawesi Selatan memiliki bentuk seperti rebab.

Perkembangan Alat Musik Gesek 2 di Indonesia

Perkembangan alat musik gesek 2 di Indonesia terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Seiring dengan itu pula, orang-orang di Indonesia semakin menyadari pentingnya melestarikan alat musik tradisional termasuk alat musik gesek 2.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melestarikan alat musik gesek 2. Salah satunya adalah dengan memasukkan alat musik tradisional ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan alat musik tradisional kepada generasi muda.

Penutup

Alat musik gesek 2 merupakan salah satu jenis alat musik tradisional yang memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak jenis alat musik gesek 2 di Indonesia dan masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Memainkan alat musik gesek 2 bukanlah hal yang mudah, namun dengan latihan yang terus-menerus kita dapat menguasainya. Mari kita lestarikan budaya Indonesia termasuk alat musik tradisional seperti alat musik gesek 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *