General

Apa Perbedaan Revenue dan Income? Yuk, Cari Tahu!

×

Apa Perbedaan Revenue dan Income? Yuk, Cari Tahu!

Share this article

Revenue dan income adalah dua istilah dalam dunia bisnis yang kerap digunakan sebagai ukuran keuntungan perusahaan. Meski keduanya sering digunakan secara bergantian, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas apa perbedaan revenue dan income. Yuk, simak!

Pengertian Revenue

Revenue adalah total pendapatan yang diterima oleh suatu perusahaan dari penjualan produk atau jasa. Pendapatan ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti penjualan produk, penjualan jasa, atau pendapatan dari investasi. Revenue juga sering disebut dengan istilah pendapatan bruto.

Revenue biasanya dihitung sebelum dikurangi dengan berbagai biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, seperti biaya produksi, biaya operasional, dan biaya lainnya. Sehingga, revenue belum mencerminkan keuntungan yang sebenarnya didapatkan oleh perusahaan.

Pengertian Income

Sedangkan, income adalah keuntungan bersih yang diperoleh oleh suatu perusahaan setelah mengurangi semua biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dan menjual produk atau jasa. Income juga sering disebut dengan istilah laba bersih.

Income merupakan ukuran yang lebih akurat untuk mengetahui keuntungan sebenarnya yang didapatkan oleh perusahaan. Jika perusahaan memiliki revenue yang besar namun biaya yang dikeluarkan juga besar, maka income yang diperoleh bisa jadi kecil atau bahkan negatif.

Perbedaan Utama Revenue dan Income

Sudah sedikit terlihat perbedaan antara revenue dan income, namun mari kita lihat perbedaan utamanya secara lebih detail.

Perbedaan pertama adalah bahwa revenue adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh perusahaan, sedangkan income adalah keuntungan bersih yang diperoleh oleh perusahaan.

Perbedaan kedua adalah bahwa revenue belum mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, sedangkan income sudah mengurangi semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Perbedaan ketiga adalah bahwa revenue bisa saja besar namun income kecil atau bahkan negatif, tergantung pada berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Contoh Perhitungan Revenue dan Income

Untuk lebih memahami perbedaan antara revenue dan income, mari lihat contoh perhitungannya.

Misalkan sebuah perusahaan menjual produk dengan harga Rp100.000 per unit dan berhasil menjual 1.000 unit. Maka, revenue yang didapatkan oleh perusahaan adalah:

Revenue = Harga x Jumlah Unit Terjual

Revenue = Rp100.000 x 1.000

Revenue = Rp100.000.000

Sehingga, revenue yang didapatkan oleh perusahaan adalah Rp100.000.000.

Namun, untuk mendapatkan revenue tersebut, perusahaan juga harus mengeluarkan biaya produksi, biaya operasional, dan biaya lainnya. Misalkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah Rp80.000.000. Maka, income yang didapatkan oleh perusahaan adalah:

Income = Revenue – Biaya

Income = Rp100.000.000 – Rp80.000.000

Income = Rp20.000.000

Sehingga, keuntungan bersih yang didapatkan oleh perusahaan adalah Rp20.000.000.

Kesimpulan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, revenue dan income adalah dua istilah dalam dunia bisnis yang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Revenue adalah total pendapatan yang diterima oleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa, sedangkan income adalah keuntungan bersih yang diperoleh oleh perusahaan setelah mengurangi semua biaya yang dikeluarkan.

Perbedaan utama antara revenue dan income adalah bahwa revenue belum mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, sedangkan income sudah mengurangi semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Sehingga, income merupakan ukuran yang lebih akurat untuk mengetahui keuntungan sebenarnya yang didapatkan oleh perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai apa perbedaan revenue dan income. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memahami dua istilah ini dengan lebih baik. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *