General

Biografi Singkat George Joseph Stigler

×

Biografi Singkat George Joseph Stigler

Share this article

George Joseph Stigler adalah seorang ekonom Amerika Serikat yang lahir pada 17 Januari 1911 di Renton, Washington. Dia adalah seorang guru besar ekonomi di University of Chicago’s Graduate School of Business dan dikenal sebagai salah satu pendiri ekonomi neoklasik. Stigler memenangkan Hadiah Nobel dalam Ekonomi pada tahun 1982 berkat kontribusinya pada teori ekonomi dan analisis regulasi pasar.

Pendidikan dan Karir Awal

Stigler memulai pendidikannya di University of Washington dan lulus dengan gelar Sarjana Sains pada tahun 1931. Dia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di University of Chicago, tempat dia belajar di bawah bimbingan Frank Knight dan Jacob Viner. Setelah lulus dengan gelar S2 pada tahun 1933, Stigler bekerja sebagai asisten profesor di University of Minnesota selama beberapa tahun.

Pada tahun 1938, Stigler kembali ke University of Chicago untuk bekerja sebagai asisten profesor di Departemen Ekonomi. Dia menjadi profesor penuh pada tahun 1950 dan tetap mengajar di universitas tersebut hingga akhir hayatnya.

Kontribusi pada Ekonomi Neoklasik

Stigler dikenal sebagai salah satu pendiri ekonomi neoklasik, aliran pemikiran ekonomi yang menganggap bahwa nilai dan harga suatu barang ditentukan oleh persediaan dan permintaannya di pasar. Dia dikenal karena penelitiannya tentang teori pasar dan konsistensi perilaku konsumen dan produsen.

Stigler mempelajari efek regulasi pemerintah pada pasar dan mengamati bahwa regulasi dapat menghasilkan biaya tambahan bagi konsumen dan produsen. Dia juga menunjukkan bahwa regulasi seringkali tidak efektif dan bahkan dapat menyebabkan kerugian ekonomi.

Penghargaan dan Pengakuan

Pada tahun 1982, Stigler dianugerahi Hadiah Nobel dalam Ekonomi atas kontribusinya pada teori ekonomi dan analisis regulasi pasar. Dia juga menerima beberapa penghargaan lain selama karirnya, termasuk Penghargaan John Bates Clark pada tahun 1947 dan Penghargaan Francis A. Walker pada tahun 1976.

Stigler juga menjadi presiden American Economic Association pada tahun 1964 dan terpilih menjadi anggota American Academy of Arts and Sciences pada tahun 1951 serta National Academy of Sciences pada tahun 1982.

Kehidupan Pribadi dan Warisan

Stigler menikah dengan Margaret Blanche McKenzie pada tahun 1936 dan memiliki dua anak. Dia meninggal dunia pada 1 Desember 1991 di Chicago, Illinois.

George Joseph Stigler dianggap sebagai salah satu ekonom terbesar abad ke-20. Kontribusinya pada teori ekonomi dan analisis regulasi pasar telah mempengaruhi banyak ekonom dan pengambil kebijakan di seluruh dunia. Dia terus dihormati dan dihargai di kalangan akademisi dan profesional ekonomi hingga saat ini.

Kesimpulan

George Joseph Stigler adalah seorang ekonom Amerika Serikat yang dikenal sebagai salah satu pendiri ekonomi neoklasik. Dia memenangkan Hadiah Nobel dalam Ekonomi pada tahun 1982 berkat kontribusinya pada teori ekonomi dan analisis regulasi pasar. Stigler mengajar di University of Chicago’s Graduate School of Business selama beberapa dekade dan meninggal dunia pada tahun 1991. Kontribusinya pada teori ekonomi dan analisis regulasi pasar telah mempengaruhi banyak ekonom dan pengambil kebijakan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *