General

Biografi Singkat Jean Paul Sartre

×

Biografi Singkat Jean Paul Sartre

Share this article

Pengenalan

Jean Paul Sartre adalah seorang filsuf dan penulis asal Prancis yang sangat terkenal. Ia lahir pada tanggal 21 Juni 1905 di Paris, Prancis dan meninggal pada tanggal 15 April 1980 di kota yang sama. Sartre dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam eksistensialisme dan sastra abad ke-20. Ia juga merupakan salah satu penulis terkenal dari gerakan intelektual Prancis yang disebut sebagai “Pascasarjanaisme”.

Masa Kecil dan Pendidikan

Sartre lahir dari keluarga borjuis di Paris. Ayahnya adalah seorang perwira angkatan laut dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Meskipun keluarganya cukup kaya, tetapi Sartre tumbuh sebagai anak yang kesepian dan tertutup. Ia lebih suka membaca buku daripada bermain dengan teman sebayanya.

Sartre mengenyam pendidikan di sekolah swasta yang terkenal di Paris sejak usia dini. Ia menunjukkan bakatnya dalam bidang sastra sejak kecil dan pada usia 15 tahun, ia mulai menulis puisi dan cerita pendek. Sartre kemudian melanjutkan pendidikannya di École Normale Supérieure di Paris, sebuah sekolah yang khusus untuk pelajar berbakat.

Karir dan Karya

Sartre menjadi terkenal sebagai seorang filsuf dan penulis pada tahun 1943, ketika ia menerbitkan bukunya yang berjudul “Being and Nothingness”. Buku ini membahas tentang eksistensialisme dan menjadi karya penting dalam sejarah filsafat modern.

Sartre juga dikenal sebagai penulis drama yang hebat. Beberapa karya drama terkenalnya antara lain “No Exit” dan “The Flies”. Drama-dramanya sering kali mengangkat tema-tema tentang kebebasan, eksistensialisme, dan tanggung jawab individu dalam kehidupan.

Pengaruh dan Peninggalan

Karya-karya Sartre sangat berpengaruh dalam dunia filsafat dan sastra. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam eksistensialisme dan pengaruhnya masih terasa hingga saat ini. Karya-karya Sartre juga mempengaruhi gerakan intelektual Prancis pada masa itu, termasuk dalam gerakan feminisme dan hak sipil.

Setelah kematian Sartre pada tahun 1980, ia dihormati sebagai salah satu tokoh besar dalam sastra Prancis dan dunia. Karya-karyanya masih dibaca dan dipelajari oleh banyak orang di seluruh dunia.

Kesimpulan

Jean Paul Sartre adalah seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia filsafat dan sastra. Karya-karyanya membahas tentang eksistensialisme, kebebasan, dan tanggung jawab individu dalam kehidupan. Meskipun ia telah meninggal, pengaruhnya masih terasa hingga saat ini dan karya-karyanya masih dibaca dan dipelajari oleh banyak orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *