Vivo

Cara Membersihkan HP Vivo

×

Cara Membersihkan HP Vivo

Share this article

HP Vivo merupakan salah satu merk smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti halnya dengan smartphone lainnya, HP Vivo juga perlu dirawat dan dibersihkan secara teratur agar tetap awet dan nyaman digunakan. Bagi kamu yang belum tahu cara membersihkan HP Vivo, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Membersihkan Layar Smartphone

Layar smartphone merupakan bagian yang seringkali paling kotor dan rentan terkena sidik jari. Agar layar tetap bersih dan jernih, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Hindari menggunakan kain kasar atau tisu karena dapat melukai layar smartphone.

2. Membersihkan Bagian Belakang Smartphone

Bagian belakang smartphone juga perlu dibersihkan secara teratur, terutama jika kamu sering meletakkannya di atas permukaan yang kotor. Kamu bisa membersihkan bagian belakang smartphone dengan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Hindari menggunakan bahan kimia yang berbahaya karena dapat merusak permukaan smartphone.

3. Membersihkan Bagian Tepi Smartphone

Bagian tepi smartphone juga perlu dibersihkan, terutama jika kamu menggunakan case atau bumper untuk melindungi smartphone. Kamu bisa membersihkan bagian tepi smartphone dengan menggunakan sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air sabun atau alkohol 70%. Pastikan untuk membersihkan bagian sudut dan celah yang sulit dijangkau.

4. Membersihkan Speaker dan Mikrofon

Speaker dan mikrofon adalah bagian yang seringkali terabaikan dalam proses pembersihan smartphone. Padahal, kedua bagian ini sangat penting untuk menjaga kualitas suara saat menelepon atau mendengarkan musik. Kamu bisa membersihkan speaker dan mikrofon dengan menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan sedikit air.

5. Membersihkan Port Charger dan Jack Audio

Port charger dan jack audio seringkali menjadi tempat kotoran dan debu menumpuk. Kamu bisa membersihkan kedua bagian ini dengan menggunakan sikat gigi yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut agar tidak merusak port dan jack audio.

6. Membersihkan Slot SIM Card dan MicroSD

Slot SIM card dan MicroSD juga perlu dibersihkan secara teratur, terutama jika kamu sering mengganti kartu SIM atau memindahkan file ke dalam MicroSD. Kamu bisa membersihkan kedua slot ini dengan menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan sedikit air.

7. Hindari Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Hindari menggunakan bahan kimia berbahaya seperti alkohol 90%, thinner, atau bensin untuk membersihkan smartphone. Selain dapat merusak permukaan smartphone, bahan kimia berbahaya juga dapat membahayakan kesehatan kamu.

8. Membersihkan Smartphone Secara Teratur

Membersihkan smartphone tidak perlu dilakukan setiap hari, namun sebaiknya dilakukan secara teratur setidaknya seminggu sekali. Dengan membersihkan smartphone secara teratur, kamu dapat menjaga kualitas smartphone dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

9. Gunakan Pelindung Layar dan Casing

Untuk menjaga kualitas smartphone, kamu bisa menggunakan pelindung layar dan casing. Dengan menggunakan pelindung layar dan casing, kamu dapat melindungi smartphone dari goresan dan benturan yang dapat merusak permukaan smartphone.

10. Jangan Menggunakan Smartphone di Tempat yang Kotor

Hindari menggunakan smartphone di tempat yang kotor seperti di atas meja makan atau di kamar mandi. Selain dapat membuat smartphone menjadi kotor, kamu juga dapat membahayakan kesehatan kamu karena bakteri dan kuman yang menempel di permukaan smartphone.

11. Membersihkan Smartphone Setelah Digunakan

Setelah digunakan, sebaiknya kamu membersihkan smartphone terlebih dahulu sebelum meletakkannya kembali ke dalam saku atau tas. Dengan membersihkan smartphone setelah digunakan, kamu dapat mencegah kotoran dan debu menumpuk di permukaan smartphone.

12. Jangan Menggunakan Smartphone Saat Makan

Hindari menggunakan smartphone saat makan karena dapat membuat smartphone menjadi kotor dan terkena cipratan makanan. Selain itu, kamu juga dapat membahayakan kesehatan kamu karena bakteri dan kuman yang menempel di permukaan smartphone.

13. Gunakan Tongsis untuk Foto Selfie

Jika kamu suka foto selfie, sebaiknya kamu menggunakan tongsis agar smartphone tidak terkena kotoran dan debu. Dengan menggunakan tongsis, kamu juga dapat mengambil foto selfie dengan lebih leluasa dan bebas.

14. Hindari Menggunakan Smartphone Saat Berkeringat

Hindari menggunakan smartphone saat berkeringat karena dapat membuat smartphone menjadi kotor dan terkena cipratan keringat. Selain itu, kamu juga dapat membahayakan kesehatan kamu karena bakteri dan kuman yang menempel di permukaan smartphone.

15. Jangan Menggunakan Kabel Charger yang Rusak

Hindari menggunakan kabel charger yang rusak karena dapat merusak smartphone dan membahayakan kesehatan kamu. Kabel charger yang rusak juga dapat memperlambat proses pengisian baterai smartphone.

16. Hindari Menggunakan Smartphone Saat Berenang

Hindari menggunakan smartphone saat berenang karena dapat merusak smartphone dan membahayakan kesehatan kamu. Selain itu, smartphone juga tidak tahan terhadap air dan dapat mengakibatkan kerusakan yang tidak diinginkan.

17. Gunakan Smartphone dengan Tangan yang Bersih

Sebelum menggunakan smartphone, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih dan kering. Dengan menggunakan smartphone dengan tangan yang bersih, kamu dapat mencegah kotoran dan debu menempel di permukaan smartphone.

18. Hindari Menyimpan Smartphone di Tempat yang Panas

Hindari menyimpan smartphone di tempat yang panas seperti di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung. Panas yang berlebihan dapat merusak baterai smartphone dan memperpendek umur smartphone.

19. Hindari Menyimpan Smartphone di Tempat yang Dingin

Hindari menyimpan smartphone di tempat yang dingin seperti di dalam freezer atau di dalam lemari es. Dingin yang berlebihan dapat merusak baterai smartphone dan memperpendek umur smartphone.

20. Gunakan Smartphone dengan Penuh Tanggung Jawab

Terakhir, gunakan smartphone dengan penuh tanggung jawab. Jangan menggunakan smartphone untuk hal-hal yang tidak penting atau mengganggu orang lain. Dengan menggunakan smartphone dengan penuh tanggung jawab, kamu dapat menjaga kualitas smartphone dan memperpanjang umur smartphone.

Demikianlah beberapa tips cara membersihkan HP Vivo yang bisa kamu terapkan. Dengan menjaga smartphone secara teratur dan dengan penuh tanggung jawab, kamu dapat memperpanjang umur smartphone dan menjaga kualitas smartphone agar tetap awet dan nyaman digunakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *