Teknologi

cara sharing printer

×

cara sharing printer

Share this article

Apa itu Sharing Printer?

Sharing printer adalah proses memungkinkan beberapa komputer untuk menggunakan satu printer. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membeli printer untuk setiap komputer yang ada di jaringan Anda. Hal ini dapat menghemat biaya dan mempermudah berbagi printer dengan pengguna lain.

Langkah 1: Pastikan Printer Terhubung ke Jaringan

Langkah pertama dalam cara sharing printer adalah memastikan bahwa printer sudah terhubung dengan jaringan. Anda bisa menggunakan kabel USB atau koneksi nirkabel, tergantung pada jenis printer yang Anda miliki. Pastikan printer terhubung dengan jaringan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Buka Pengaturan Printer

Setelah printer terhubung dengan jaringan, buka pengaturan printer di komputer yang ingin Anda gunakan untuk sharing printer. Biasanya, Anda dapat menemukan pengaturan printer di menu “Control Panel” atau “Settings” pada komputer Anda. Cari opsi untuk “Printer” atau “Devices and Printers” dan klik untuk membuka pengaturan printer.

Langkah 3: Aktifkan Sharing Printer

Setelah Anda membuka pengaturan printer, cari opsi untuk mengaktifkan sharing printer. Biasanya, Anda akan melihat opsi yang mengatakan “Share this printer” atau “Printer sharing”. Centang opsi ini untuk mengaktifkan sharing printer di komputer Anda.

Langkah 4: Beri Nama pada Printer yang Dibagikan

Selanjutnya, beri nama pada printer yang akan Anda bagikan kepada pengguna lain di jaringan. Nama ini akan digunakan oleh pengguna lain saat mereka mencari printer yang tersedia untuk digunakan. Pastikan nama printer yang Anda pilih mudah diingat dan jelas.

Langkah 5: Konfigurasi Pengaturan Jaringan

Setelah memberi nama printer, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan jaringan untuk memastikan komputer lain di jaringan dapat terhubung ke printer. Pilih opsi untuk mengatur pengaturan jaringan dan ikuti petunjuk untuk menghubungkan printer ke jaringan yang sama dengan komputer lainnya.

Langkah 6: Cek Koneksi Printer

Setelah mengatur pengaturan jaringan, pastikan koneksi printer berfungsi dengan baik. Coba cetak dokumen uji dari komputer lain di jaringan untuk memastikan printer dapat menerima perintah cetak dari komputer tersebut.

Langkah 7: Cetak dari Komputer Lain

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda sekarang dapat mencetak dari komputer lain di jaringan. Buka dokumen yang ingin Anda cetak, pilih opsi “Print”, dan pilih printer yang telah Anda bagikan. Dokumen akan dikirim ke printer dan dicetak sesuai dengan preferensi cetak yang telah Anda tentukan.

Keuntungan Sharing Printer

Sharing printer memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini menghemat biaya karena Anda tidak perlu membeli printer untuk setiap komputer. Kedua, ini mempermudah berbagi printer dengan pengguna lain di jaringan, sehingga tidak perlu mengirim dokumen ke komputer lain untuk mencetak. Ketiga, ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dalam pekerjaan kelompok, karena semua anggota tim dapat menggunakan printer yang sama.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara sharing printer di jaringan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat biaya dan mempermudah berbagi printer dengan pengguna lain di jaringan Anda. Pastikan printer terhubung dengan jaringan, aktifkan sharing printer, beri nama printer yang dibagikan, dan konfigurasikan pengaturan jaringan dengan benar. Setelah itu, Anda dapat mencetak dokumen dari komputer lain di jaringan dengan mudah dan efisien. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *