General

Daftar 41 Negara Asia Lengkap Ibukotanya

×

Daftar 41 Negara Asia Lengkap Ibukotanya

Share this article

Asia merupakan benua terbesar di dunia yang memiliki populasi yang sangat besar. Benua ini terdiri dari 41 negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan sejarah yang kaya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya. Simak uraian berikut ini.

1. Afghanistan – Kabul

Afghanistan adalah negara yang terletak di Asia Barat Daya dan memiliki ibukota di Kabul. Kota ini terletak di bagian timur laut negara ini dan memiliki sejarah yang kaya serta keindahan alam yang memukau.

2. Arab Saudi – Riyadh

Arab Saudi adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Riyadh. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis di Arab Saudi.

3. Armenia – Yerevan

Armenia adalah negara yang terletak di Kaukasus Selatan dan memiliki ibukota di Yerevan. Kota ini merupakan kota tertua di dunia dan memiliki berbagai bangunan bersejarah yang menakjubkan.

4. Azerbaijan – Baku

Azerbaijan adalah negara yang terletak di Kaukasus Selatan dan memiliki ibukota di Baku. Kota ini terkenal dengan keindahan arsitektur klasiknya dan memiliki banyak situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

5. Bahrain – Manama

Bahrain adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Manama. Kota ini merupakan pusat ekonomi dan budaya di Bahrain serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

6. Bangladesh – Dhaka

Bangladesh adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di Dhaka. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Bangladesh serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Dhakeshwari dan Kuil Lalbagh Fort.

7. Bhutan – Thimphu

Bhutan adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di Thimphu. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi.

8. Brunei Darussalam – Bandar Seri Begawan

Brunei Darussalam adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Bandar Seri Begawan. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di Brunei serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Istana Nurul Iman dan Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah.

9. Kamboja – Phnom Penh

Kamboja adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Phnom Penh. Kota ini terkenal dengan keindahan arsitektur klasiknya serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi seperti Kuil Angkor Wat dan Istana Kerajaan.

10. China – Beijing

China adalah negara terbesar di Asia dan memiliki ibukota di Beijing. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di China serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Tembok Besar China dan Kota Terlarang.

11. Timor Leste – Dili

Timor Leste adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Dili. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan budaya di Timor Leste serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Pantai Areia Branca dan Kuil Largo de Lecidere.

12. Uni Emirat Arab – Abu Dhabi

Uni Emirat Arab adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Abu Dhabi. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Uni Emirat Arab serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Masjid Sheikh Zayed dan Pulau Saadiyat.

13. Filipina – Manila

Filipina adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Manila. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Filipina serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kota Intramuros dan Kuil Taoist Manila.

14. Georgia – Tbilisi

Georgia adalah negara yang terletak di Kaukasus dan memiliki ibukota di Tbilisi. Kota ini terkenal dengan keindahan arsitektur klasiknya serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi seperti Biara Svetitskhoveli dan Katedral Sion.

15. India – New Delhi

India adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di New Delhi. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di India serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Akshardham dan Gerbang India.

16. Indonesia – Jakarta

Indonesia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Jakarta. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Indonesia serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Monumen Nasional dan Taman Mini Indonesia Indah.

17. Iran – Tehran

Iran adalah negara yang terletak di Asia Barat Daya dan memiliki ibukota di Tehran. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Iran serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Istana Golestan dan Kuil Azadi.

18. Irak – Baghdad

Irak adalah negara yang terletak di Asia Barat Daya dan memiliki ibukota di Baghdad. Kota ini terkenal dengan keindahan arsitektur klasiknya serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi seperti Kuil Hatra dan Kuil Babylon.

19. Israel – Yerusalem

Israel adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Yerusalem. Kota ini merupakan pusat keagamaan Yahudi, Kristen, dan Islam serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Tembok Ratapan dan Kuil Salomo.

20. Jepang – Tokyo

Jepang adalah negara yang terletak di Asia Timur dan memiliki ibukota di Tokyo. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Jepang serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Menara Tokyo dan Istana Kekaisaran Tokyo.

21. Yordania – Amman

Yordania adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Amman. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Yordania serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Petra dan Istana Kerajaan Amman.

22. Kazakhstan – Nur-Sultan

Kazakhstan adalah negara yang terletak di Asia Tengah dan memiliki ibukota di Nur-Sultan. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Kazakhstan serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Taman Astana dan Masjid Hazrat Sultan.

23. Kuwait – Kuwait City

Kuwait adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Kuwait City. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Kuwait serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Menara Kuwait dan Mesjid Al-Qibla.

24. Kirgizstan – Bishkek

Kirgizstan adalah negara yang terletak di Asia Tengah dan memiliki ibukota di Bishkek. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi.

25. Laos – Vientiane

Laos adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Vientiane. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Laos serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Patuxai dan Wat Si Saket.

26. Lebanon – Beirut

Lebanon adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Beirut. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Lebanon serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Jeita Grotto dan Pantai Ramlet al-Baida.

27. Malaysia – Kuala Lumpur

Malaysia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Kuala Lumpur. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Malaysia serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Menara Kembar Petronas dan Kuil Batu Caves.

28. Maladewa – Male

Maladewa adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di Male. Kota ini terkenal dengan keindahan pantainya yang memukau serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Pulau Hulhumale dan Adaaran Prestige Vadoo.

29. Mongolia – Ulaanbaatar

Mongolia adalah negara yang terletak di Asia Timur dan memiliki ibukota di Ulaanbaatar. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi seperti Kuil Gandan dan Kuil Choijin Lama.

30. Myanmar – Naypyidaw

Myanmar adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Naypyidaw. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di Myanmar serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Shwedagon dan Kuil Kyaiktiyo.

31. Nepal – Kathmandu

Nepal adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di Kathmandu. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta memiliki banyak situs bersejarah dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi seperti Kuil Pashupatinath dan Stupa Boudhanath.

32. Korea Utara – Pyongyang

Korea Utara adalah negara yang terletak di Asia Timur dan memiliki ibukota di Pyongyang. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan budaya di Korea Utara serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Moranbong dan Plaza Kim Il Sung.

33. Oman – Muscat

Oman adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Muscat. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Oman serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Masjid Sultan Qaboos dan Kota Lama Muscat.

34. Pakistan – Islamabad

Pakistan adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki ibukota di Islamabad. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Pakistan serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Faisal dan Kuil Lahore Fort.

35. Palestina – Ramallah

Palestina adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki ibukota di Ramallah. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya di Palestina serta memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Al-Aqsa dan Kuil Rachel’s Tomb.

36. Filipina – Manila

Filipina adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan memiliki ibukota di Manila. Kota ini merupakan pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *