General

Daftar Negara Asia: Menjelajahi Benua Asia

×

Daftar Negara Asia: Menjelajahi Benua Asia

Share this article

Benua Asia adalah benua terbesar di dunia dengan luas sekitar 44,58 juta kilometer persegi. Terdiri dari 48 negara, Asia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan agama yang sangat kaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi daftar negara Asia dan belajar tentang beberapa fakta menarik tentang mereka.

1. Afghanistan

Afghanistan, secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Afghanistan, adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Negara ini memiliki populasi sekitar 38 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Kabul. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Pashto dan Dari.

2. Armenia

Armenia adalah negara di Kaukasus Selatan yang berbatasan dengan Turki, Georgia, Iran, dan Azerbaijan. Negara ini memiliki populasi sekitar 3 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Yerevan. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Armenia.

3. Azerbaijan

Azerbaijan adalah negara di Kaukasus Selatan yang berbatasan dengan Rusia, Georgia, Armenia, dan Iran. Negara ini memiliki populasi sekitar 10 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Baku. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Azerbaijan.

4. Bahrain

Bahrain adalah negara kepulauan di Teluk Persia yang terdiri dari 33 pulau. Negara ini memiliki populasi sekitar 1,5 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Manama. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab.

5. Bangladesh

Bangladesh adalah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India dan Myanmar. Negara ini memiliki populasi sekitar 165 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Dhaka. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Bengali.

6. Bhutan

Bhutan adalah negara di Asia Selatan yang terkenal dengan kebijakan Gross National Happiness (GNH). Negara ini memiliki populasi sekitar 800.000 jiwa dan ibu kotanya adalah Thimphu. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Dzongkha.

7. Brunei

Brunei adalah negara kecil di Asia Tenggara yang terletak di pulau Borneo. Negara ini memiliki populasi sekitar 450.000 jiwa dan ibu kotanya adalah Bandar Seri Begawan. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Melayu.

8. Kamboja

Kamboja adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan Angkor Wat, kuil Hindu-Buddha yang terkenal. Negara ini memiliki populasi sekitar 16 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Phnom Penh. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Khmer.

9. Tiongkok

Tiongkok adalah negara terbesar di Asia dan memiliki populasi sekitar 1,4 miliar jiwa. Negara ini terkenal dengan Tembok Besar, Kuil Langit, dan Kota Terlarang. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Mandarin.

10. Timor Leste

Timor Leste adalah negara di Asia Tenggara yang terletak di pulau Timor. Negara ini memiliki populasi sekitar 1,3 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Dili. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Tetun dan Portugis.

11. Mesir

Mesir adalah negara di Afrika Utara dan Asia Barat yang terkenal dengan Piramida Giza dan Sungai Nil. Negara ini memiliki populasi sekitar 100 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Kairo. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab.

12. Georgia

Georgia adalah negara di Kaukasus yang berbatasan dengan Rusia, Armenia, Azerbaijan, dan Turki. Negara ini memiliki populasi sekitar 4 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Tbilisi. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Georgia.

13. India

India adalah negara terbesar kedua di Asia dan memiliki populasi sekitar 1,3 miliar jiwa. Negara ini terkenal dengan Taj Mahal, Kuil Harmandir Sahib, dan Gerbang India. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Hindi dan Inggris.

14. Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau. Negara ini memiliki populasi sekitar 270 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Jakarta. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Indonesia.

15. Iran

Iran adalah negara di Asia Barat yang terkenal dengan Persepolis dan Masjid Nasir al-Mulk. Negara ini memiliki populasi sekitar 83 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Tehran. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Persia.

16. Irak

Irak adalah negara di Asia Barat yang terkenal dengan kota kuno Babylon dan kuil Ziggurat. Negara ini memiliki populasi sekitar 39 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Baghdad. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab dan Kurdi.

17. Israel

Israel adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan berbatasan dengan Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir, dan Laut Tengah. Negara ini memiliki populasi sekitar 9 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Yerusalem. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Ibrani dan Arab.

18. Jepang

Jepang adalah negara di Asia Timur yang terkenal dengan Gunung Fuji, Kuil Sensoji, dan Shibuya Crossing. Negara ini memiliki populasi sekitar 126 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Tokyo. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Jepang.

19. Yordania

Yordania adalah negara di Timur Tengah yang terkenal dengan Petra dan Laut Mati. Negara ini memiliki populasi sekitar 10 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Amman. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab.

20. Kazakhstan

Kazakhstan adalah negara di Asia Tengah yang terkenal dengan Danau Balkhash dan Medeo. Negara ini memiliki populasi sekitar 18 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Nur-Sultan. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Kazakhstan dan Rusia.

21. Kuwait

Kuwait adalah negara di Asia Barat yang terkenal dengan Menara Kuwait dan Kuil Al-Hashemi. Negara ini memiliki populasi sekitar 4,7 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Kuwait City. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab.

22. Kirgistan

Kirgistan adalah negara di Asia Tengah yang terkenal dengan Danau Issyk-Kul dan Taman Nasional Sary-Chelek. Negara ini memiliki populasi sekitar 6,5 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Bishkek. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Kirgiz dan Rusia.

23. Laos

Laos adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan Kuil That Luang dan Kuil Wat Xieng Thong. Negara ini memiliki populasi sekitar 7,1 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Vientiane. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Lao.

24. Lebanon

Lebanon adalah negara di Timur Tengah yang terkenal dengan Gua Jeita dan Kuil Baalbek. Negara ini memiliki populasi sekitar 6,8 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Beirut. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Arab dan Prancis.

25. Malaysia

Malaysia adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan Menara Kembar Petronas dan Taman Negara. Negara ini memiliki populasi sekitar 32 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Kuala Lumpur. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Melayu.

26. Maladewa

Maladewa adalah negara kepulauan di Samudra Hindia yang terkenal dengan pantai pasir putih dan air laut biru. Negara ini memiliki populasi sekitar 515.000 jiwa dan ibu kotanya adalah Male. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Dhivehi.

27. Mongolia

Mongolia adalah negara di Asia Timur yang terkenal dengan Gurun Gobi dan Kuil Erdene Zuu. Negara ini memiliki populasi sekitar 3,2 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Ulaanbaatar. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Mongolia.

28. Myanmar

Myanmar adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan Kuil Shwedagon dan Danau Inle. Negara ini memiliki populasi sekitar 54 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Naypyidaw. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Myanmar.

29. Nepal

Nepal adalah negara di Asia Selatan yang terkenal dengan Gunung Everest dan Kuil Pashupatinath. Negara ini memiliki populasi sekitar 30 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Kathmandu. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Nepal.

30. Korea Utara

Korea Utara adalah negara di Asia Timur yang terkenal dengan Kuil Kumsusan dan Taman Taesongsan. Negara ini memiliki populasi sekitar 25 juta jiwa dan ibu kotanya adalah Pyongyang. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Korea.

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi daftar negara Asia dan belajar tentang beberapa fakta menarik tentang mereka. Setiap negara memiliki keunikan dan kekayaan budaya yang berbeda. Menjelajahi negara-negara ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan akan memperkaya pengetahuan kita tentang dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *