General

Golongan Islam Berperan dalam Membahas Dasar Negara

×

Golongan Islam Berperan dalam Membahas Dasar Negara

Share this article

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak keberagaman, baik itu dalam hal suku, budaya, agama, maupun bahasa. Dalam hal agama, mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam. Sebagai agama mayoritas, tentu saja golongan Islam berperan penting dalam membahas dasar negara.

Pengertian Dasar Negara

Dasar negara adalah suatu dokumen atau pernyataan yang berisi tentang prinsip-prinsip dasar yang menjadi pedoman dalam negara. Dasar negara juga merupakan landasan bagi pembentukan sistem pemerintahan dan kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh negara.

Pentingnya Peran Golongan Islam dalam Membahas Dasar Negara

Sebagai agama mayoritas, tentu saja golongan Islam memainkan peran penting dalam membahas dasar negara. Hal ini karena, agama Islam memiliki ajaran-ajaran yang sangat kuat dalam hal keadilan, kesetaraan, dan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, dalam membahas dasar negara, golongan Islam dapat memberikan pandangan-pandangan yang sangat berharga dalam menciptakan sebuah negara yang adil dan sejahtera.

Pengaruh Golongan Islam dalam Pembentukan Dasar Negara

Golongan Islam memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pembentukan dasar negara. Hal ini dapat dilihat dari beberapa contoh berikut:

1. Pembentukan Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang dibentuk oleh para pendiri bangsa. Dalam pembentukan Pancasila, golongan Islam memberikan kontribusi yang sangat besar. Salah satu contohnya adalah Soekarno, salah satu pendiri bangsa yang merupakan seorang Muslim, yang memberikan kontribusi besar dalam penentuan sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Pembentukan UUD 1945

UUD 1945 merupakan konstitusi negara Indonesia yang masih berlaku hingga saat ini. Dalam pembentukan UUD 1945, golongan Islam juga memberikan kontribusi yang sangat besar. Salah satu contohnya adalah KH. Wahid Hasyim, seorang tokoh Islam yang turut serta dalam penyusunan UUD 1945.

Peran Golongan Islam dalam Mempertahankan Dasar Negara

Tidak hanya dalam pembentukan dasar negara, golongan Islam juga memiliki peran penting dalam mempertahankan dasar negara. Salah satu contohnya adalah dalam hal menjaga keutuhan NKRI. Golongan Islam memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI, karena NKRI merupakan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang merupakan dasar negara yang disepakati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kesimpulan

Dalam pembahasan dasar negara, golongan Islam memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan dasar negara. Golongan Islam memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembentukan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, golongan Islam juga memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, golongan Islam harus terus aktif dalam membahas dan memperjuangkan kepentingan negara, demi terciptanya Indonesia yang adil dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *