General

Ini Perbedaan Emas UBS dan Antam Sebelum Membeli

×

Ini Perbedaan Emas UBS dan Antam Sebelum Membeli

Share this article

Investasi emas memang menjadi pilihan yang tepat untuk mengamankan keuangan Anda. Selain nilainya yang stabil, emas juga cenderung meningkat seiring dengan waktu. Namun, sebelum membeli emas, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan jenis-jenis emas yang ada di pasaran. Di Indonesia, ada dua jenis emas yang paling umum dikenal, yaitu emas UBS dan Antam. Lalu, apa perbedaan antara keduanya?

Emas UBS

Emas UBS merupakan jenis emas yang dikeluarkan oleh Union Bank of Switzerland (UBS). Emas ini memiliki kadar kemurnian 99,99% atau sering disebut sebagai emas murni. Emas UBS umumnya dijual dalam bentuk batangan dengan berat mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Selain itu, UBS juga menjual emas dalam bentuk koin dengan berbagai macam desain.

Kelebihan dari emas UBS adalah kemurniannya yang tinggi, sehingga nilainya lebih stabil dan lebih mudah dijual kembali. Selain itu, UBS juga terkenal dengan sistem keamanannya yang ketat dan terpercaya.

Namun, kekurangan dari emas UBS adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan emas Antam. Selain itu, emas UBS juga sulit ditemukan di toko-toko emas, sehingga jika Anda ingin membelinya, Anda harus membeli melalui UBS langsung atau lewat broker.

Emas Antam

Emas Antam merupakan jenis emas yang dikeluarkan oleh PT Antam Tbk. Emas ini memiliki kadar kemurnian 99,99% atau sering disebut sebagai emas murni. Emas Antam umumnya dijual dalam bentuk batangan dengan berat mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Selain itu, Antam juga menjual emas dalam bentuk koin dengan berbagai macam desain.

Kelebihan dari emas Antam adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan emas UBS. Selain itu, emas Antam juga lebih mudah ditemukan di toko-toko emas, sehingga lebih mudah untuk membelinya.

Namun, kekurangan dari emas Antam adalah sistem keamanannya yang belum seketat UBS. Selain itu, emas Antam juga cenderung lebih sulit untuk dijual kembali karena harganya yang lebih rendah dibandingkan dengan emas UBS.

Perbedaan Lainnya

Selain perbedaan harga dan keamanan, terdapat perbedaan lainnya antara emas UBS dan Antam. Salah satunya adalah perbedaan dalam hal sertifikat. Emas UBS umumnya dilengkapi dengan sertifikat yang diterbitkan oleh UBS sendiri, sedangkan emas Antam dilengkapi dengan sertifikat yang diterbitkan oleh PT Antam Tbk.

Selain itu, terdapat perbedaan dalam hal ketersediaan. Emas UBS lebih sulit ditemukan di toko-toko emas, sedangkan emas Antam lebih mudah ditemukan di toko-toko emas.

Bagaimana Memilih Jenis Emas yang Tepat?

Memilih jenis emas yang tepat memang tidak mudah. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli emas, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  • Budget yang Anda miliki
  • Keamanan emas
  • Ketersediaan emas di toko-toko emas
  • Kemudahan dalam menjual kembali emas

Jika Anda memiliki budget yang cukup dan ingin membeli emas dengan kemurnian yang tinggi dan keamanan yang ketat, maka emas UBS dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin membeli emas dengan harga yang lebih terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko emas, maka emas Antam dapat menjadi pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Emas UBS dan Antam merupakan jenis emas yang umum dikenal di Indonesia. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membeli emas, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti budget, keamanan, ketersediaan, dan kemudahan dalam menjual kembali. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih jenis emas yang tepat untuk investasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *