Ivan Illich dan Filsafat Pendidikan: Memahami Kritik Terhadap Sekolah Modern

Posted on

Ivan Illich adalah seorang filsuf dan teolog Katolik yang terkenal dengan kritiknya terhadap institusi-institusi modern, termasuk sekolah. Illich berpendapat bahwa sekolah modern telah menjadi mesin yang memproduksi ketergantungan dan kebutuhan akan konsumsi, daripada mendorong kebebasan dan kemandirian.

Pengenalan Ivan Illich

Ivan Illich dilahirkan di Wina, Austria pada tahun 1926 dan meninggal dunia di Bremen, Jerman pada tahun 2002. Selama hidupnya, Illich menulis banyak karya tentang sosial, budaya, dan ekonomi yang menjadi dasar bagi pemikiran kritisnya terhadap institusi modern, termasuk sekolah.

Kritik Ivan Illich terhadap Sekolah Modern

Menurut Illich, sekolah modern telah menjadi sebuah industri yang memproduksi ketergantungan dan kebutuhan akan konsumsi. Sekolah mengajarkan kepada siswa untuk menjadi konsumen yang taat dan pasif, bukan individu yang kreatif dan mandiri.

Illich juga berpendapat bahwa sekolah modern telah memisahkan antara belajar dan hidup. Sekolah mengajarkan kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk masa depan, bukan untuk hidup di masa sekarang. Hal ini menyebabkan siswa kehilangan rasa ingin tahu dan minat terhadap dunia yang sebenarnya.

Lebih lanjut, Illich mengkritik model pendidikan yang hanya menekankan pada pembelajaran formal dan seragam. Menurutnya, pembelajaran harus lebih menekankan pada pengalaman langsung dan pengalaman hidup yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Filsafat Pendidikan Ivan Illich

Filsafat pendidikan Ivan Illich didasarkan pada konsep “deschooling society”, yaitu masyarakat yang tidak bergantung pada sekolah sebagai satu-satunya sumber pendidikan. Illich percaya bahwa pendidikan seharusnya menjadi tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan, bukan hanya tanggung jawab lembaga sekolah.

Ia juga menekankan pentingnya pendidikan yang terlibat dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan keterampilan mandiri. Illich berpendapat bahwa pendidikan harus lebih fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan individu, daripada hanya menekankan pada pembelajaran formal dan teoritis.

Aplikasi Filsafat Pendidikan Ivan Illich

Beberapa aplikasi dari filsafat pendidikan Ivan Illich telah diterapkan di seluruh dunia. Misalnya, “unschooling” adalah sebuah gerakan yang mengikuti prinsip-prinsip deschooling society dengan menekankan pada pendidikan yang terlibat dalam kehidupan sehari-hari dan pengembangan keterampilan mandiri.

Gerakan “learning network” juga telah diterapkan di beberapa negara, yang menghubungkan individu dan masyarakat untuk belajar bersama secara kolaboratif dan mandiri.

Kesimpulan

Ivan Illich adalah seorang filsuf dan teolog yang terkenal dengan kritiknya terhadap institusi-institusi modern, termasuk sekolah. Filsafat pendidikan Ivan Illich didasarkan pada konsep “deschooling society” dan menekankan pentingnya pendidikan yang terlibat dalam kehidupan sehari-hari dan pengembangan keterampilan mandiri. Beberapa aplikasi dari filsafat pendidikan Ivan Illich telah diterapkan di seluruh dunia, termasuk gerakan “unschooling” dan “learning network”.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *