General

Kebijakan SBY: Membangun Indonesia yang Lebih Baik

×

Kebijakan SBY: Membangun Indonesia yang Lebih Baik

Share this article

Sebagai Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY, telah melaksanakan berbagai kebijakan yang bertujuan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Berikut adalah beberapa kebijakan SBY yang patut kita ketahui:

Kebijakan Ekonomi

SBY mempunyai visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, mandiri, dan sejahtera. Oleh sebab itu, ia memfokuskan kebijakan ekonomi pada pembangunan sumber daya manusia, peningkatan investasi, serta pemberdayaan sektor riil. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

SBY menekankan pentingnya kesejahteraan masyarakat. Salah satu kebijakan yang dilaksanakan adalah program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. PKH memberikan bantuan kepada keluarga miskin sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, dan pendidikan.

2. Peningkatan Investasi

SBY juga menarik investor asing untuk berinvestasi di Indonesia melalui program Indonesia Investment Coordinating Board (BKPM). Dalam kurun waktu 2005-2013, investasi asing di Indonesia meningkat sekitar 10 kali lipat.

Kebijakan Lingkungan

SBY juga memfokuskan kebijakan pada pelestarian lingkungan. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Penanganan Sampah

SBY menekankan pentingnya penanganan sampah agar tidak mencemari lingkungan. Salah satu kebijakan yang dilaksanakan adalah program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah dan memanfaatkan sampah sebagai bahan baku produksi.

2. Peningkatan Kualitas Udara

SBY juga menekankan pentingnya kualitas udara. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah pengendalian emisi kendaraan bermotor dan pengembangan energi terbarukan.

Kebijakan Pendidikan

SBY juga memperhatikan sektor pendidikan. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Peningkatan Jumlah Sekolah

SBY membangun lebih banyak sekolah agar anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Selama masa jabatannya, SBY membangun 13.000 sekolah baru.

2. Peningkatan Mutu Pendidikan

SBY juga memperhatikan mutu pendidikan dengan mengeluarkan program Gerakan Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan (GNPM). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa serta mengevaluasi kurikulum pendidikan.

Kebijakan Kesehatan

SBY juga memperhatikan sektor kesehatan. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Program Jaminan Kesehatan Nasional

SBY mengeluarkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

2. Peningkatan Fasilitas Kesehatan

SBY membangun lebih banyak rumah sakit dan puskesmas agar masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Kebijakan Politik

SBY juga memperhatikan sektor politik. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Pemilu Langsung

SBY mengeluarkan Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) yang mengatur tentang pemilu langsung. Hal ini bertujuan untuk memperkuat demokrasi di Indonesia.

2. Pemerintahan yang Bersih

SBY juga memerangi korupsi melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ombudsman Republik Indonesia. Ia juga mengeluarkan Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) untuk memperkuat transparansi pemerintahan.

Kebijakan Pertahanan dan Keamanan

SBY juga memperhatikan sektor pertahanan dan keamanan. Beberapa kebijakan yang dilaksanakan adalah:

1. Modernisasi Alutsista

SBY memodernisasi alutsista (alat utama sistem pertahanan) dengan membeli pesawat tempur, kapal perang, dan rudal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia.

2. Pemberantasan Teroris

SBY juga memerangi terorisme melalui Undang-Undang Anti Terorisme (UU AT) dan Detasemen Khusus 88 (Densus 88). Dalam masa jabatannya, SBY berhasil mengurangi kasus terorisme di Indonesia.

Kesimpulan

Kebijakan SBY yang telah dilaksanakan selama masa jabatannya bertujuan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Ia memfokuskan kebijakan pada sektor ekonomi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, politik, pertahanan, dan keamanan. Kebijakan yang diambil oleh SBY tentu saja tidak sempurna, namun ia berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan memperkuat kedaulatan negara. Semoga kebijakan-kebijakan tersebut dapat terus ditingkatkan oleh pemerintah berikutnya untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *