General

Kenalan dengan Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

×

Kenalan dengan Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Share this article

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus adalah salah satu jenis burung pemangsa yang termasuk dalam keluarga Accipitridae. Burung ini memiliki nama lain yaitu Elang Besra atau Elang “Kereta Api” karena pola sayapnya yang mirip dengan kereta api.

Ciri-Ciri Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ukuran tubuhnya kecil, dengan panjang sekitar 30-40 cm dan berat sekitar 150-200 gram.
  • Warna bulunya bervariasi, tergantung pada jenis kelamin dan wilayah geografisnya. Burung jantan memiliki bulu yang berwarna abu-abu kebiru-biruan dengan bercak-bercak putih, sedangkan burung betina memiliki bulu yang lebih coklat dan bercak-bercak merah di bagian bawah tubuhnya.
  • Paruhnya yang kuat dan tajam digunakan untuk memangsa burung dan hewan kecil lainnya.
  • Sayapnya yang pendek dan lebar memungkinkannya untuk terbang dengan cepat dan lincah di antara pohon-pohon di hutan.
  • Burung ini memiliki penglihatan yang tajam, sehingga memudahkan untuk mencari mangsa.

Habitat dan Persebaran Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, mulai dari India, Nepal, Bhutan, Myanmar, Thailand, Malaysia, hingga Indonesia. Burung ini biasanya hidup di hutan-hutan dataran rendah dan pegunungan, serta sering terlihat di sekitar sungai dan danau.

Makanan dan Cara Berburu Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus termasuk burung pemangsa yang terampil dalam berburu. Makanan utamanya adalah burung-burung kecil, seperti pipit, sriti, dan perkutut, serta hewan kecil lainnya, seperti jangkrik, kadal, dan serangga. Burung ini berburu dengan cara menyergap mangsanya dari atas dengan menggunakan sayapnya yang lebar untuk memperlambat kecepatan terbangnya.

Perilaku Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus termasuk burung yang pemalu dan jarang terlihat. Burung ini lebih sering terdengar daripada terlihat karena suaranya yang khas, yaitu “ki-ki-ki-ki-ki-ki-ki”. Burung jantan sering terlihat terbang di atas pohon-pohon sambil memanggil burung betina untuk mengawali proses perkawinan.

Manfaat dan Ancaman Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di habitatnya. Selain itu, burung ini juga dapat dijadikan sebagai indikator keberadaan hewan-hewan kecil lainnya di hutan.

Namun, sayangnya populasi burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus semakin berkurang akibat perusakan habitatnya oleh manusia, perburuan liar, dan perdagangan ilegal. Oleh karena itu, diperlukan upaya konservasi yang lebih serius untuk menjaga keberadaan burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus di alam liar.

Kesimpulan

Burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus adalah salah satu jenis burung pemangsa kecil yang hidup di hutan-hutan dataran rendah dan pegunungan di Asia. Burung ini memiliki ciri-ciri unik, seperti sayap yang lebar dan penglihatan yang tajam, yang memudahkannya dalam berburu mangsa. Namun, populasi burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus semakin berkurang akibat perusakan habitatnya oleh manusia, perburuan liar, dan perdagangan ilegal. Oleh karena itu, diperlukan upaya konservasi yang lebih serius untuk menjaga keberadaan burung Alap Alap Besra Accipiter Virgatus di alam liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *