General

Kerajaan Gowa Tallo: Sejarah dan Kejayaan di Sulawesi Selatan

×

Kerajaan Gowa Tallo: Sejarah dan Kejayaan di Sulawesi Selatan

Share this article

Kerajaan Gowa Tallo merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Sulawesi Selatan. Kerajaan ini terbentuk pada abad ke-16 dan berdiri hingga abad ke-19. Wilayah kerajaan ini meliputi wilayah Kota Makassar dan sekitarnya.

Asal Usul Kerajaan Gowa Tallo

Menurut catatan sejarah, Kerajaan Gowa Tallo berasal dari dua kerajaan yang bergabung, yaitu Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo. Kerajaan Gowa didirikan oleh Tumanurung Baine pada abad ke-16, sedangkan Kerajaan Tallo didirikan oleh Karaeng Matoaya pada abad yang sama.

Bergabungnya kedua kerajaan ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin dari Gowa pada abad ke-17. Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk menghadapi kekuatan Belanda yang terus mengancam wilayah Sulawesi Selatan.

Pemerintahan Kerajaan Gowa Tallo

Pemerintahan Kerajaan Gowa Tallo dipimpin oleh seorang raja yang bergelar Sultan. Raja ini dibantu oleh para menteri dan pejabat kerajaan lainnya. Pemerintahan kerajaan ini dikenal cukup kuat dan terorganisir dengan baik.

Selain itu, Kerajaan Gowa Tallo juga memiliki sistem pemerintahan yang terbagi menjadi beberapa wilayah kecil yang diperintah oleh seorang kepala desa atau yang disebut sebagai arung.

Budaya dan Perkembangan Kerajaan Gowa Tallo

Kerajaan Gowa Tallo dikenal sebagai salah satu kerajaan yang maju di Sulawesi Selatan pada masa itu. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya peninggalan sejarah dan budaya yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Salah satu peninggalan sejarah yang terkenal adalah Benteng Somba Opu. Benteng ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin dan menjadi salah satu benteng pertahanan terkuat di Sulawesi Selatan.

Selain itu, Kerajaan Gowa Tallo juga dikenal sebagai pusat perkembangan seni dan kebudayaan di Sulawesi Selatan. Seni dan budaya yang berkembang pada masa itu antara lain seni tari, seni musik, seni ukir, dan seni arsitektur.

Kejatuhan Kerajaan Gowa Tallo

Pada awal abad ke-19, Kerajaan Gowa Tallo mengalami kemunduran akibat adanya serangan dari Belanda. Pada tahun 1824, Belanda berhasil merebut kendali atas wilayah kerajaan ini dan mengakhiri keberadaannya.

Meskipun demikian, nilai sejarah dan budaya yang dimiliki oleh Kerajaan Gowa Tallo tetap terjaga hingga saat ini. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya peninggalan sejarah dan budaya yang masih dapat dilihat di wilayah Sulawesi Selatan.

Kesimpulan

Kerajaan Gowa Tallo merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri dan berkembang di wilayah Sulawesi Selatan. Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan yang maju dan memiliki sistem pemerintahan yang terorganisir dengan baik. Selain itu, Kerajaan Gowa Tallo juga dikenal sebagai pusat perkembangan seni dan kebudayaan di Sulawesi Selatan. Meskipun kerajaan ini telah berakhir pada abad ke-19, nilai sejarah dan budaya yang dimilikinya tetap terjaga hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *