General

Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

×

Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Share this article

Pada akhirnya, semua orang pasti ingin memiliki rumah impian mereka sendiri. Namun, membeli rumah bukanlah keputusan yang bisa diambil secara sembarangan. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama kamu, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu, terutama dari segi keuangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah pertama.

1. Menyiapkan Dana Muka

Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membeli rumah adalah menyiapkan dana muka atau down payment. Biasanya, dana muka yang harus kamu siapkan untuk membeli rumah pertama adalah sekitar 20% dari harga rumah. Jadi, jika harga rumah yang kamu incar adalah Rp 1 miliar, maka kamu harus menyiapkan dana muka sebesar Rp 200 juta.

2. Membuat Anggaran Pembayaran Bulanan

Selain menyiapkan dana muka, kamu juga harus membuat anggaran pembayaran bulanan untuk cicilan rumah. Pastikan kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan rumah setiap bulannya tanpa harus mengorbankan kebutuhan lainnya.

3. Memperbaiki Credit Score

Credit score adalah salah satu faktor penting yang diperhitungkan oleh bank atau lembaga keuangan dalam menentukan apakah kamu layak mendapatkan kredit atau tidak. Pastikan kamu memiliki credit score yang baik sebelum mengajukan kredit rumah. Jika credit score kamu buruk, kamu dapat memperbaikinya dengan membayar tagihan kartu kredit atau pinjaman lain tepat waktu dan tidak melebihi batas kredit.

4. Menghitung Total Biaya Kredit

Selain menghitung cicilan bulanan, kamu juga harus menghitung total biaya kredit yang harus kamu bayar. Biaya kredit mencakup biaya administrasi, bunga, dan biaya-biaya lainnya. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk membayar semua biaya tersebut.

5. Menghitung Biaya Lainnya

Selain biaya kredit, kamu juga harus menghitung biaya-biaya lainnya seperti biaya notaris, biaya balik nama, biaya survey, dan biaya-biaya lainnya. Pastikan kamu menghitung semua biaya ini dengan cermat dan menambahkannya ke dalam anggaran pembelian rumah.

6. Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

Sebelum membeli rumah, kamu juga harus membuat rencana keuangan jangka panjang. Rencana keuangan ini mencakup perencanaan keuangan untuk jangka waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. Pastikan kamu sudah memiliki rencana keuangan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

7. Mencari Informasi Tentang Pajak

Setiap properti memiliki pajak yang harus dibayar oleh pemiliknya setiap tahunnya. Pastikan kamu sudah mencari informasi tentang pajak rumah yang akan kamu beli sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Hal ini akan membantu kamu membuat anggaran keuangan yang lebih akurat.

8. Memilih Tipe Kredit yang Tepat

Ada banyak jenis kredit rumah yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan. Pastikan kamu memilih tipe kredit yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

9. Menentukan Lokasi yang Tepat

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu sudah menentukan lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat adalah lokasi yang strategis, mudah diakses, dan dekat dengan fasilitas-fasilitas penting seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

10. Mencari Informasi Tentang Developer

Pastikan kamu mencari informasi tentang developer sebelum membeli rumah. Pilih developer yang memiliki reputasi baik dan terpercaya untuk menghindari masalah di kemudian hari.

11. Memeriksa Kontrak dengan Teliti

Sebelum menandatangani kontrak pembelian rumah, pastikan kamu memeriksanya dengan teliti. Pastikan semua ketentuan-ketentuan sudah sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

12. Memilih Ukuran Rumah yang Sesuai

Ukuran rumah yang ideal adalah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Jangan terlalu tergiur dengan rumah yang terlalu besar jika kamu tidak mampu membayarnya.

13. Memperhatikan Kondisi Bangunan

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu memperhatikan kondisi bangunan dengan teliti. Jangan sampai kamu membeli rumah yang sudah rusak atau memerlukan renovasi besar-besaran yang akan menghabiskan banyak biaya.

14. Menghindari Utang Lain

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu sudah menyelesaikan utang-utang lain yang masih ada. Jangan membuat utang baru jika kamu masih memiliki utang yang belum diselesaikan.

15. Mengurangi Pengeluaran Lain

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu sudah mengurangi pengeluaran lain yang tidak perlu. Hal ini akan membantu kamu mengumpulkan dana untuk membeli rumah.

16. Menabung Secara Teratur

Menabung secara teratur adalah salah satu kunci untuk membeli rumah. Pastikan kamu menabung sebanyak mungkin setiap bulannya untuk mengumpulkan dana muka dan biaya-biaya lainnya.

17. Memiliki Dana Darurat

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup. Dana darurat ini akan berguna jika kamu mengalami keadaan darurat seperti sakit atau kehilangan pekerjaan.

18. Mempertimbangkan Asuransi

Asuransi rumah adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Pastikan kamu membeli asuransi rumah untuk melindungi rumah dari kerusakan atau kebakaran.

19. Memiliki Tabungan Pendidikan

Jika kamu memiliki anak, pastikan kamu sudah memiliki tabungan pendidikan untuk mereka. Hal ini akan membantu kamu menghindari masalah keuangan di masa depan.

20. Mempertimbangkan Jangka Waktu Kredit

Sebelum mengajukan kredit rumah, pastikan kamu mempertimbangkan jangka waktu kredit yang tepat. Jangka waktu kredit yang terlalu lama akan membuat kamu membayar bunga yang lebih besar.

21. Mempersiapkan Dana untuk Perbaikan dan Pemeliharaan

Setelah membeli rumah, pastikan kamu mempersiapkan dana untuk perbaikan dan pemeliharaan rumah. Hal ini akan membantu kamu menghindari masalah besar di kemudian hari.

22. Menghindari Pinjaman Tanpa Jaminan

Jangan mengambil pinjaman tanpa jaminan untuk membayar dana muka atau biaya-biaya lainnya. Pinjaman tanpa jaminan memiliki bunga yang lebih tinggi dan dapat membuat kamu terjebak dalam cicilan yang panjang.

23. Mencari Bantuan dari Ahli Keuangan

Jika kamu merasa kesulitan dalam mengelola keuangan untuk membeli rumah, kamu dapat mencari bantuan dari ahli keuangan. Ahli keuangan akan membantu kamu membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

24. Menghindari Impulsif

Jangan membeli rumah secara impulsif hanya karena tergiur dengan promo atau diskon yang ditawarkan. Pastikan kamu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

25. Menghitung Pengeluaran Lain Setelah Membeli Rumah

Setelah membeli rumah, pastikan kamu menghitung pengeluaran lain yang akan kamu hadapi seperti biaya listrik, air, dan biaya-biaya lainnya. Hal ini akan membantu kamu membuat anggaran keuangan yang lebih akurat.

26. Menjaga Keseimbangan Keuangan

Jangan sampai kamu mengorbankan keuangan kamu hanya untuk membeli rumah. Pastikan kamu menjaga keseimbangan keuangan dengan mengatur pengeluaran kamu dengan cermat.

27. Membuat Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Selain perencanaan keuangan jangka panjang, kamu juga harus membuat perencanaan keuangan jangka pendek. Perencanaan keuangan jangka pendek mencakup perencanaan keuangan untuk jangka waktu 1 hingga 2 tahun ke depan.

28. Mencari Tahu Kebijakan Bank

Sebelum mengajukan kredit rumah, pastikan kamu sudah mencari tahu kebijakan bank terkait kredit rumah. Hal ini akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih tepat.

29. Mencari Informasi Tentang Ketersediaan Rumah

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan kamu sudah mencari informasi tentang ketersediaan rumah di daerah yang kamu inginkan. Hal ini akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih tepat.

30. Menghindari Pinjaman dari Rentenir

Jangan pernah mengambil pinjaman dari rentenir untuk membeli rumah. Pinjaman dari rentenir memiliki bunga yang sangat tinggi dan dapat membuat kamu terjebak dalam hutang yang sulit untuk diselesaikan.

Kesimpulan:

Membeli rumah pertama adalah keputusan besar yang memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang, terutama dari segi keuangan. Pastikan kamu memiliki dana muka yang cukup, membuat anggaran pembayaran bulanan yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu, memperbaiki credit score, menghitung total biaya kredit, menghitung biaya-biaya lainnya, membuat rencana keuangan jangka panjang dan jangka pendek, memilih lokasi yang tepat, memilih tipe kredit yang tepat, dan memilih developer yang terpercaya. Dengan melakukan persiapan dan perencanaan yang matang, kamu dapat membeli rumah pertama dengan lebih mudah dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *