General

Letak Geografis Sulawesi Tenggara

×

Letak Geografis Sulawesi Tenggara

Share this article

Sulawesi Tenggara merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tenggara pulau Sulawesi. Provinsi ini memiliki wilayah yang cukup luas dengan jumlah penduduk sekitar 2 juta jiwa. Letak geografis Sulawesi Tenggara sangat strategis karena berada di tengah-tengah wilayah Indonesia dan memiliki akses ke berbagai wilayah di Indonesia.

Lokasi Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara terletak di antara 119°20′ – 127°30′ BT dan 2°45′ – 6°20′ LS. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan di sebelah barat, Provinsi Sulawesi Tengah di sebelah utara, Laut Banda di sebelah timur, dan Provinsi Maluku di sebelah selatan.

Topografi Sulawesi Tenggara

Wilayah Sulawesi Tenggara sebagian besar terdiri dari pegunungan dan perbukitan dengan ketinggian yang bervariasi. Pegunungan terdapat di bagian utara dan barat, sedangkan perbukitan terdapat di bagian timur dan selatan. Di wilayah Sulawesi Tenggara terdapat beberapa gunung yang terkenal seperti Gunung Buton, Gunung Rante Mario, dan Gunung Kasuari.

Iklim Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata berkisar antara 25-27°C. Musim kemarau terjadi pada bulan Mei hingga Oktober, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan November hingga April. Curah hujan di wilayah Sulawesi Tenggara cukup tinggi, sehingga wilayah ini termasuk daerah yang subur dan cocok untuk pertanian.

Sumber Daya Alam Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama dalam bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan. Beberapa komoditas unggulan Sulawesi Tenggara antara lain kelapa, kakao, pisang, kopi, dan ikan laut. Selain itu, di wilayah ini juga terdapat sumber daya tambang seperti nikel dan bauksit.

Potensi Pariwisata Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dengan keindahan alam yang masih asli dan belum terjamah. Beberapa objek wisata yang terkenal di Sulawesi Tenggara antara lain Taman Nasional Wakatobi, Danau Towuti, Pulau Kaledupa, dan Pantai Nirwana. Selain itu, di Sulawesi Tenggara juga terdapat berbagai wisata budaya seperti tradisi tari-tarian, seni ukir, dan pakaian adat.

Transportasi di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki akses transportasi yang cukup baik, terutama melalui jalur laut dan udara. Di wilayah ini terdapat beberapa bandara seperti Bandara Haluoleo di Kendari dan Bandara Andi Jemma di Kolaka. Selain itu, Sulawesi Tenggara juga memiliki pelabuhan laut yang cukup ramai seperti Pelabuhan Bira dan Pelabuhan Kendari.

Kesimpulan

Sulawesi Tenggara merupakan provinsi yang memiliki letak geografis yang strategis di tengah-tengah wilayah Indonesia. Wilayah ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan juga potensi pariwisata yang besar. Dengan akses transportasi yang baik, Sulawesi Tenggara menjadi daerah yang menarik untuk dikunjungi dan juga untuk dijadikan sebagai pusat bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *