General

Luas dan Bentuk Wilayah Negara Indonesia

×

Luas dan Bentuk Wilayah Negara Indonesia

Share this article

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau sekitar 17.508. Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 km² yang terdiri dari daratan dan perairan. Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke dan memiliki bentuk yang unik.

Bentuk Wilayah Indonesia

Bentuk wilayah Indonesia secara umum adalah seperti huruf K. Bagian barat Indonesia membentang dari barat laut ke barat daya, sedangkan bagian tengah dan timur membentang dari barat daya ke timur laut.

Bentuk wilayah Indonesia yang seperti huruf K ini memiliki arti penting dalam aspek militer. Karena bentuk wilayahnya yang seperti huruf K, maka wilayah Indonesia memiliki banyak sekali perairan yang sangat luas, sehingga membutuhkan kekuatan militer yang tangguh untuk menjaga wilayah perairannya.

Luas Wilayah Indonesia

Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 km² yang terdiri dari daratan dan perairan. Dari luas wilayah tersebut, sekitar 1.811.569 km² adalah wilayah daratan dan sisanya adalah perairan.

Wilayah Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh pulau-pulau besar dan kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. Provinsi terluas di Indonesia adalah Papua yang memiliki luas wilayah 319.036 km², sedangkan provinsi terkecil adalah DKI Jakarta yang hanya memiliki luas wilayah 664 km².

Perubahan Luas Wilayah Indonesia

Luas wilayah Indonesia mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Pada awalnya, wilayah Indonesia hanya mencakup pulau-pulau besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Namun, seiring dengan perjuangan para pahlawan, Indonesia berhasil merebut kemerdekaannya dan mengembangkan wilayahnya hingga mencakup seluruh pulau-pulau di Indonesia.

Pada tahun 1963, Indonesia mendapatkan tambahan wilayah dari hasil penyerahan Irian Barat dari Belanda ke Indonesia. Luas wilayah Indonesia pun bertambah sekitar 421.981 km². Dengan demikian, luas wilayah Indonesia saat ini mencapai 1.904.569 km².

Bentuk Pulau di Indonesia

Pulau-pulau di Indonesia memiliki bentuk yang bervariasi. Beberapa pulau seperti Jawa dan Bali memiliki bentuk yang sempit dan panjang, sedangkan pulau seperti Sumatera dan Kalimantan memiliki bentuk yang lebih lebar.

Selain itu, Indonesia juga memiliki pulau-pulau yang berbentuk bulat seperti pulau Bali dan Lombok. Ada juga pulau yang berbentuk seperti segitiga seperti pulau Bangka dan Belitung.

Kepulauan di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan total jumlah pulau sekitar 17.508. Beberapa pulau besar di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua memiliki banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Indonesia juga memiliki kepulauan yang sangat terkenal seperti Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu tempat terbaik untuk snorkeling dan diving di dunia.

Kesimpulan

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah 1.904.569 km² yang terdiri dari daratan dan perairan. Wilayah Indonesia memiliki bentuk yang unik seperti huruf K dan terdiri dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh pulau-pulau besar dan kecil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pulau-pulau di Indonesia memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang sempit dan panjang, ada yang lebar, dan ada juga yang berbentuk bulat maupun segitiga. Indonesia juga memiliki kepulauan yang sangat terkenal seperti Kepulauan Raja Ampat yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk snorkeling dan diving di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *