General

Makanan Khas Maluku: Menikmati Kelezatan Kuliner Tradisional Pulau Maluku

×

Makanan Khas Maluku: Menikmati Kelezatan Kuliner Tradisional Pulau Maluku

Share this article

Pulau Maluku memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam dan unik. Makanan khas Maluku memiliki rasa yang khas dan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mencoba hal baru. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa makanan khas Maluku yang wajib dicoba.

1. Papeda

Papeda adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Papeda biasanya disajikan dengan kuah ikan atau sayur-sayuran. Makanan ini biasanya disajikan dalam keadaan panas dan memiliki tekstur yang kenyal. Papeda menjadi makanan yang populer di Maluku karena dapat bertahan lama dan mudah disimpan.

2. Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari ikan segar yang direbus bersama bumbu kuning. Bumbu kuning terdiri dari rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, jahe, dan bawang putih. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayur-sayuran. Rasa ikan kuah kuning sangat lezat dan gurih.

3. Burasa

Burasa adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging atau ikan. Burasa biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Makanan ini biasanya disajikan sebagai lauk pauk dan memiliki rasa yang unik dan lezat.

4. Sambal Roa

Sambal roa adalah sambal yang terbuat dari ikan roa yang dibakar dan dihaluskan. Sambal roa biasanya disajikan sebagai tambahan makanan atau sebagai sambal untuk nasi. Sambal roa memiliki rasa yang pedas dan gurih.

5. Kue Keju

Kue keju adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari adonan tepung terigu dan keju. Kue keju biasanya memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

6. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu yang dihaluskan dan dicetak menjadi lempengan. Sagu lempeng biasanya disajikan sebagai camilan atau sebagai pengganti nasi. Makanan ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang kenyal.

7. Sayur Kelor

Sayur kelor adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari daun kelor yang direbus bersama dengan bumbu-bumbu yang khas. Sayur kelor biasanya disajikan sebagai lauk pauk dan memiliki rasa yang segar dan gurih.

8. Sate Ambal

Sate ambal adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sate ambal biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan memiliki rasa yang gurih dan pedas.

9. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda adalah minuman khas Maluku yang terbuat dari air kelapa muda yang dicampur dengan es batu dan gula. Es kelapa muda sangat cocok diminum saat cuaca panas atau setelah makan makanan pedas.

10. Nasi Jaha

Nasi jaha adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari ketan hitam yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas. Nasi jaha biasanya disajikan sebagai pengganti nasi putih dan memiliki rasa yang unik dan gurih.

Itulah beberapa makanan khas Maluku yang wajib dicoba. Makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang khas dan unik serta dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mencoba hal baru. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *