General

Masa Pemerintahan SBY: Prestasi dan Kritik

×

Masa Pemerintahan SBY: Prestasi dan Kritik

Share this article

Pengenalan

Masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah periode pemerintahan Indonesia yang berlangsung dari tahun 2004 hingga 2014. SBY adalah presiden Indonesia ke-6 yang menjabat selama 10 tahun.Meskipun masa pemerintahan SBY diwarnai oleh beberapa kontroversi, banyak juga prestasi yang dicapai selama pemerintahannya. Artikel ini akan membahas prestasi dan kritik yang berkaitan dengan masa pemerintahan SBY.

Prestasi Pemerintahan SBY

Salah satu prestasi besar yang dicapai pada masa pemerintahan SBY adalah stabilitas ekonomi. Pada masa pemerintahannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,2%, yang merupakan salah satu yang tertinggi di Asia.Selain itu, SBY juga berhasil menekan inflasi dan memperkuat nilai tukar rupiah. Hal ini membuat Indonesia semakin menarik bagi investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.Selama pemerintahan SBY, Indonesia juga mencapai beberapa kesepakatan dagang penting dengan negara-negara lain, seperti Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA).Di bidang pendidikan, SBY juga berhasil mengimplementasikan program beasiswa Indonesia Endowment Fund for Education (LPDP) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi ke luar negeri.Pemerintahan SBY juga berhasil menyelesaikan beberapa konflik di Indonesia, seperti konflik Aceh melalui kesepakatan Helsinky dan konflik Poso di Sulawesi Tengah.

Kritik terhadap Pemerintahan SBY

Meskipun banyak prestasi yang dicapai pada masa pemerintahan SBY, ada juga beberapa kritik yang dialamatkan. Salah satu kritik yang sering disampaikan adalah terkait dengan korupsi yang masih merajalela di Indonesia.Pada masa pemerintahan SBY, beberapa kasus korupsi besar terungkap, seperti kasus Bank Century dan kasus Hambalang. Meskipun SBY berjanji untuk memberantas korupsi, namun banyak yang merasa bahwa upayanya masih belum maksimal.Selain itu, pada masa pemerintahan SBY, Indonesia juga mengalami beberapa bencana alam yang cukup besar, seperti gempa bumi di Yogyakarta dan tsunami di Aceh. Banyak yang merasa bahwa pemerintahan SBY tidak cukup responsif dalam menangani bencana-bencana tersebut.Kritik lain yang sering disampaikan adalah terkait dengan isu hak asasi manusia. Pada masa pemerintahan SBY, masih banyak terjadi pelanggaran hak asasi manusia, seperti kasus penembakan di Papua dan penangkapan terhadap aktivis hak asasi manusia.

Kesimpulan

Masa pemerintahan SBY merupakan periode yang penuh dengan tantangan dan prestasi. Meskipun ada beberapa kritik yang dilontarkan, namun banyak juga prestasi yang dicapai pada masa pemerintahannya.Pemerintahan SBY berhasil mencapai stabilitas ekonomi, menyelesaikan beberapa konflik di Indonesia, dan mengimplementasikan program pendidikan yang cukup ambisius.Namun, masih banyak yang harus diperbaiki pada masa pemerintahan SBY, terutama terkait dengan isu korupsi, penanganan bencana alam, dan hak asasi manusia. Sebagai rakyat Indonesia, kita harus terus memonitor dan memberikan kritik yang membangun agar Indonesia semakin maju dan sejahtera di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *